Inilah 5 Tanda Anda Sudah Perlu Potong Rambut agar Tetap Sehat dan Tampak Menarik

Tanda Anda Sudah Perlu Potong Rambut agar Tetap Sehat dan Tampak Menarik

Kondisi rambut seseorang sangat mempengaruhi penampilannya. Maka tidak mengherankan jika rambut yang indah dan sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri. Untuk itulah Anda wajib merawat rambut dengan sebaik mungkin, salah satunya dengan segera potong rambut ketika waktunya telah tiba.

Permasalahannya, masih banyak yang belum tahu kapan harus memotong rambut. Dan ketika waktunya tiba, kebanyakan orang sudah terlambat dan harus segera pergi ke salon guna memangkas rambut.

Tanda Rambut Sudah Perlu Dipotong

Berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan sudah waktunya Anda memotong rambut, agar kondisi rambut Anda tetap sehat serta tampak menarik untuk dilihat.

1. Ujung Rambut Kering Lebih Cepat Dibanding Bagian Lainnya

Tanda rambut sudah perlu dipotong yang pertama adalah ujung rambut kering lebih cepat jika dibandingkan dengan bagian lainnya. Ketika Anda selesai keramas, maka semestinya ujung rambut Anda akan lebih lama keringnya. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka sebaiknya Anda segera menuju tempat pangkas rambut.

Mengapa demikian? Hal itu merupakan isyarat bahwa kutikula rambut Anda sudah mengalami keropos atau kerusakan, sehingga tidak mampu mempertahankan kelembapan. Karena itulah ujung rambut Anda lebih cepat kering.

2. Kondisi Rambut Lepek & Tidak Bervolume

Tanda kedua sudah saatnya untuk memangkas rambut adalah kondisi rambut yang mudah lepek serta tidak bervolume. Rambut yang sehat, indah, bouncy dan berkilau merupakan impian bagi banyak orang. Jika rambut Anda sudah sering lepek dan nampak flat, sebaiknya Anda segera memotong rambut di salon kesayangan Anda.

3. Ujung Rambut Bercabang & Tampak Kemerahan

Pertanda selanjutnya untuk segera meotong rambut adalah ujung rambut yang mulai bercabang dan tampak kemerahan. Pasalnya, rambut bercabang hanya dapat diatasi dengan memotongnya.

Ujung rambut yang sudah mulai bercabang akan semakin parah jika tidak segera dipotong. Sekalipun Anda lakukan perawatan dengan mengaplikasikan vtamin rambut, maka cabang tersebut tetap tidak akan bisa menyatu kembali. Jadi, segera saja Anda mengunjung salon untuk memotong rambut Anda.

4. Rambut Berkilau Hanya di Bagian Atas

Rambut berkilau memang bagus. Namun jika yang berkilau hanya pada bagian atas saja, sementara bagian tengah hingga ujung bawah terlihat kering dan kusut, maka itu merupakan pertanda bahwa rambut Anda sudah saatnya untuk dipotong.

5. Rambut Mulai Banyak Rontok

Tanda rambut sudah perlu dipotong yang berikutnya adalah terjadinya kerontokan dalam jumlah banyak. Rambut yang rontok merupakan salh satu momok bagi banyak orang.

Jika Anda menemukan beberapa helai rambut saat menyisirnya, maka hal itu masih dalam taraf wajar. Namun jika rambut yang rontok sudah mulai banyak, bisa jadi akibat rambut yang sudah terlalu panjang dan harus segera dipotong. Hal itu perlu dilakukan agar kerontokkannya tidak semakin parah.

Jadwalkan untuk Potong Rambut Setiap 2-3 Bulan Sekali

Selain beragam tanda di atas, ada baiknya jika Anda juga membuat jadwal untuk potong, misalnya saja setiap 2 atau 3 bulan sekali. Anda tidak harus memotong rambut dalam jumlah banyak. Bisa saja hanya bagian ujungnya agar tetap rapi dan sehat.

Sebab, memotong rambut akan membuat lapisan rambut menjadi lebih kuat dan dapat menghindari ujung rambut yang bercabang. Untuk itulah memotong rambut berdasarkan penjadwalan, bisa menjadi salah satu upaya Anda dalam menjaga kesehatan rambut dan agar penampilan rambut Anda tetap menarik.

Baca juga: