6 Tips Mendapatkan Harga Hotel yang Lebih Murah

Tips Mendapatkan Harga Hotel yang Lebih Murah

Ketika merencanakan suatu perjalanan atau pun liburan, ada dua hal penting yang selalu menjadi pertimbangan adalah transportasi dan akomodasi. Untuk hal transportasi khususnya pesawat, ada banyak cara utuk mendapatkan tiket pesawat murah. Memantau pergerakan harga tiket pesawat juga cenderung mudah. Namun untuk mendapaat penginapan dengan harga murah lebih sulit didapat.

Tips Mendapatkan Harga Hotel Murah

Satu hal yang harus Anda pahami saat mencari hotel murah adalah pergerakan harga hotel sangat fluktuatif, bahkan dalam hitungan jam. Jadi Anda tidak bisa mencari info harga hari ini untuk Anda booking minggu depan. Jika saat ini Anda mendapatkan penawaran yang baik belum tentu besok pagi Anda akan mendapatkan harga yang sama. Jadi perhitungkan budget hotel maksimal Anda kemudian ikutilah beberapa tips dibawah ini untuk mendapatkan harga hotel terbaik selama liburan.

1. Mencari di Aplikasi atau Website Diskon

Saat ini ada banyak aplikasi dengan berbagai penawaran harga serta potongan dan cashback. Atau Anda bisa mencari voucher diskon atau promosi menarik lainnya melalui website diskon. Satu hal yang perlu diingat saat Anda menemukan penawaran yang sesuai sebaiknya segera dibeli karena perubahan harga yang relatif cepat.

2. Membeli Paket Wisata

Membeli paket wisata adalah hal paling mudah bagi Anda yang tidak sabaran mencari harga termurah berhari-hari. Agen-agen wisata baik yang online maupun offline banyak menyediakan paket perjalanan dengan berbagai budget. Ketika Anda membeli paket wisata yang berupa paket transportasi serta akomodasi, biasanya akan menjadi lebih murah dibandingkan Anda membeli secara terpisah.

3. Mencari Hotel yang Baru Buka & Sedang Memberikan Promo

Tips ketiga ini tidak akan selalu dapat Anda lakukan, namun tidak ada salahnya mencari info mengenai hotel baru di sekitar wlayah Anda berlibur. Karena biasanya hotel-hotel yang bar buka banyak memberikan promosi, diskon potongan harga, bahkan upgrade kamar secara gratis.

4. Mencari Hotel yang Tidak Ada di Internet

Sebenarnya jika Anda jeli, ada banyak sekali hotel kecil yang justru cukup nyaman untuk ditinggali dengan budget yang cukup murah. Namun masalahnya kebanyakan hotel kecil semacam ini tidak terdaftar dalam website ataupun aplikasi pencarian tiket dan hotel. Untuk mendapatkan info tentang hotel-hotel ini, Anda bisa mencari info dari rekmoendasi teman, liputan majalah, ataupun informasi dari traveller blogger yang mereview perjalanan yang telah dilakukan.

5. Menggunakan Harga Travel Agent

Banyak orang mengira harga travel agent cenderung lebih mahal dibandingkan dengan membeli sendiri. Namun tidak ada salahnya Anda menghubungi beberapa travel agent kemudian meminta penawaran harga. Dalam suatu waktu atau kondisi tertentu misal saat low season, biasanya travel agent memiliki harga khusus yang lebih murah dibandingkan dengan harga normal.

6. Ikut Serta dalam Loyalty Program Hotel

Tips terakhir ini berguna bagi Anda yang memiliki member hotel. Bagi Anda yang sering bepergian, tidak ada salahnya bergabung menjadi member atau pelanggan terdaftar. Keistimewaan member ini berbeda pada setiap hotel ada yang berupa berbagai fasilitas gratis, kesempatan yang lebih besar untuk di-upgrade kamar, dan point reward yang jika dikumpulkan untuk memotong harga kamar pesanan Anda. Selain keuntungan di atas, sebagai member Anda akan mendapatkan info-info penting mengenai promo yang dikeluarkan hotel tersebut. Sehingga Anda dapat menyesuaikan waktu perjalanan dengan promo yang tersedia.

Demikianlah beberapa tips untuk mendapatkan harga sewa kamar hotel yang lebih murah. Jika Anda hendak mengadakan perjalanan dinas ke Jakarta Utara atau berhubungan dengan bisnis dan pekerjaan serta membutuhkan tempat menginap, maka Anda bisa mencari hotel di kelapa gading yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: