adplus-dvertising

5 Tips Investasi Aset Kripto untuk Pemula yang Harus Diperhatikan

Tips Investasi Aset Kripto untuk Pemula yang Harus Diperhatikan

Setelah nilai bitcoin (BTC) terus naik dan mencapai rekor tertinggi, keberadaan aset mata uang kripto atau cryptocurrency semakin mendapat perhatian dari masyarakat luas. Hal ini meningkatkan minat khalayak terhadap investasi crypto. Terlebih selama pandemi, semakin banyak orang yang tertarik dan mencoba peruntungan dalam investasi kripto.

Berinvestasi kripto tanpa mendalaminya sebenarnya sangat berisiko. Hal ini dikarenakan harga aset kripto di pasar memiliki pergerakan yang sangat cepat. Dalam sekejap bisa naik ataupun turun. Tanpa bekal yang memadai tentunya para pemula akan kesulitan mengambil keputusan di saat genting.

Tips Investasi Aset Kripto untuk Pemula

Tips Investasi Aset Kripto untuk Pemula

Bagi Anda para pemula, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk meminimalisir risiko kerugian dalam investasi kripto.

1. Melakukan Riset Sedetail Mungkin

Sebagai pemula, riset dan pemahaman seputar dunia cryptocurrency merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Bagi Anda yang sama sekali awam, Anda dapat memulai dengan membaca beragai review dan informasi kripto di internet, mengukti komunitas atau menyimak podcast para investor senior.

2. Pelajari Beragam Jenis Aset Kripto

Setelah mendapat gambaran seputar dunia kripto, Anda bisa melanjutkan dengan mengenali berbagai aset kripto yang beredar di pasar, dan mempelajari aset yang menjadi Incaran Anda. Pelajari pula analisis fundamental aset untuk melihat potensi aset tersebut di masa mendatang. Semua info fundamental bisa Anda dapatkan di website resmi aset tersebut.

3. Jangan Gegabah & Kalap

Ketika Anda memulai berinvestasi dan sudah membayangkan keuntungan. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi gegabah. Anda akan cenderung kalap dalam membelanjakan budget karena mengharapkan untung yang besar. Hal ini tidak disarakan, karena jika sewaktu-waktu aset Anda turun maka Anda juga akan kerepotan. Sebagai pemula, sebaiknya belanjakan 20-30% dari total budget investasi Anda dan amati perkembangannya.

4. Membeli Aset Kripto di Harga Murah

Konsep investasi adalah membeli ketika harganya masih murah dengan harapan harganya akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Untuk itu Anda harus belajar untuk membaca kapan waktu yang paling tepat untuk membeli aset kripto guna mendapatkan cuan nantinya.

5. Hindari Menggunakan Dana yang Sudah Ada Posnya

Tips investasi yang sangat penting adalah gunakan uang yang tidak terpakai (uang dingin). Jangan pernah menggunakan uang yang sudah memiliki pos sendiri untuk aktivitas investasi, sekalipun uang tabungan atau dana cadangan. Hal ini akan sangat merepotkan jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya namun harga aset Anda sedang turun.

Itulah sedikit tips investasi kripto untuk Anda para pemula yang masih awam dan memiliki sedikit pengalaman di dunia mata uang digital ini. Jika Anda ingin memulai investasi, maka Anda bisa melakukannya melalui platform exchange Tokenomy.

Baca juga: