adplus-dvertising

5 Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Bisnis bagi Pelaku Usaha

Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Bisnis bagi Pelaku Usaha

Belakangan ini, instagram menjadi salah satu media sosial yang semakin populer dan banyak digunakan oleh semua kalangan. Salah satunya adalah para pelaku usaha atau bisnis sebagai sarana untuk marketing atau pemasaran online.

Maka tidak mengherankan jika pihak instagram senantiasa melakukan pembenahan dan pengembangan, salah satunya adalah dengan meluncurkan fitur akun instagram bisnis. Di mana akun instgram bisnis ini memang sengaja dihadirkan untuk memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan produk dan layanan (jasa) mereka melalui instagram dengan lebih mudah, efektif dan efisien.

Adapun instagram bisnis ini memiliki beragam fitur, mulai dari insight (wawasan), fitur toko saya, auto reply untuk pelanggan, dan masih banyak lagi. Dengan memaksimalkan berbagai fitur yang ada di instagram bisnis ini, maka Anda sebagai pelaku usaha dapat memasarkan produk dan jasa Anda menjadi lebih mudah dengan jangkauan yang lebih luas dari sebelumnya.

Manfaat & Keuntungan Penggunaan Akun Instagram Bisnis

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Dan berikut ini adalah beragam keuntungan dari penggunaan instagram bisnis untuk Anda para pelaku usaha.

1. Membuat Promosi Menjadi Lebih Mudah

Manfaat dan keuntungan yang pertama ketika menggunakan akun instagram bisnis adalah kemudahan dalam promosi. Sebab, Anda bisa mengiklankan produk barang atau jasa yang Anda jual melalui jaringan periklanan instagram (IG Ads).

Meskipun Anda akan dikenakan biaya dalam mengiklankan produk, namun omzet atau penjualan Anda berpotensi meningkat secara dratis.

Selain itu, Anda juga bisa bermitra dengan endorser dalam rangka mempromosikan produk yang Anda jual.

2. Fitur Insight (Wawasan) untuk Menyusun Strategi Pemasaran

Di dalam menggunakan akun instagram bisnis terdapat fitur insight atau wawasan yang sangat berguna dalam mengawasi statistik jumlah pengikut, klik situs, jangkauan profil akun Anda, jumlah tayangan, dan data-data lainnya.

Melalui fitur ini Anda juga bisa melihat siapa saja yang mengunjungi profil Anda berdasarkan geografi (wilayah) dan demografi sepert rentang usia dan gender orang tersebut.

Data-data yang Anda dapatkan dari fitur insight ini dapat Anda manfaatkan untuk bahan evaluasi dan analisis sehingga Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

3. Jangkauan Calon Pelanggan Lebih Luas

Secara umum, akun instagram bisnis memang lebih unggul dibandingkan dengan akun IG pribadi. Orang-orang pun juga akan lebih tertarik dengan usaha yang menggunakan akun IG bisnis.

Maka tidak mengherankan jika akun instagram bisnis memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga pasar Anda pun juga akan semakin luas. Selain itu, akun instagram bisnis ini juga dapat disambungkan ke Facebook.

4. Mengetahui Waktu yang Tepat untuk Promosi & Analisis Target Pasar

Kentungan selanjutnya dari penggunaan akun instagram bisnis adalah Anda dapay mengetahui waktu terbak untuk mengunggah postingan. Dengan adanya data dari fitur insight, maka Anda bisa menganalisis kapan waktu yang tepat untuk memposting di instagram.

Cara termudah untuk menjalin interaksi dengan followers atau pengguna akun IG lainnya adalah dengan rajin mengunggah posting. Bukan hanya waktunya yang tepat, namun juga isi kontennya yang menarik dan mampu memancing interaksi.

Memang hal ini terlihat sepele, namjun sejatinya bukanlah perkara yang mudah. Banyak pemilik akun instagram yang kewalahan dalam mengurusi masalah update postingan sehingga mereka lebih memilih menggunakan jasa konten instagram.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa konten IG, salah satunya yang terpercaya adalah berdikari media.

5. Informasi Kategori Bisnis yang Membuat Lebih Profesional

Profil akun instgram bisnis juga dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi terkait kategori bisnis. Letaknya berada ada di bawah nama profil akun Anda.

Kategori tersebut akan membuat akun bisnis Anda terlihat lebih profesional sekaligus menggambarkan tentang bisnis Anda. Ada beragam pilihan kategori seperti merek dan produk, bisnis lokal, televisi, makanan atau kuliner, buku dan majalah, film dan lainnya.

Selain itu, ada juga fitur atau informasi kontak yang bisa Anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dalam informasi kontak tersebut Anda bisa mencantumkan alamat email, nomor telepon atau whatsapp hingga tombol tindakan yang memudahkan calon pelanggan dalam menghubungi Anda.

Demikianlah beragam keuntungan dan manfaat ketika Anda menggunakan akun instagram bisnis untuk usaha yang Anda jalani. Di era digital ini, media sosial seperti instagram merupakan salah satu kanal pemasaran online yang sangat ampuh.

Tugas Anda adalah memanfaatkan dan mengelola akun instagram sebaik mungkin agar dapat meningkatkan branding dan omzet penjualan Anda. Permasalahannya, mengelola akun instagram bukalah pekerjaan yang mudah dan sederhana.

Banyak hal yang harus Anda lakukan dan perhatikan agar semuanya dapat berjalan dengan lancar. Belum lagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi akun instagram Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan dan tidak ingin dipusaingkan dengan pengelolaan akun instagram, maka Anda bisa menggunakan jasa kelola instagram.

Baca juga: