Loading...


Cara untuk Mengatasi Rambut Rontok

Cara untuk Mengatasi Rambut Rontok

Advertisement

MakEmak.comCara untuk Mengatasi Rambut Rontok. Rambut rontok adalah masalah umum yang kerap dialami wanita. Walaupun sudah melakukan banyak perawatan untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok, kebanyakan wanita masih merasa ada rambut yang jatuh ketika menata atau menyisir rambut.

Seringkali rambut rontok sangat terlihat saat sedang mencuci rambut dan saat menyisir rambut. Saat ini penyebab rambut rontok semakin beragam, tidak lagi hanya masalah kurangnya perawatan. Beberapa tips perawatan untuk mengatasi rambut rontok berikut bisa diterapkan setiap minggu bahkan setiap hari.

  • Mencari tahu apakah rambut rontok dari akar atau karena patah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menarik satu helai rambut. Jika langsung rontok dari akar, tandanya akar rambutmu perlu dinutrisi. Jika rontok karena patah dari tengah rambut, tandanya helai rambutmu rapuh dan perlu diperbaiki.
  • Mengurangi makanan cepat saji. Ternyata makanan cepat saji tidak cukup baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan rambut. Sebaiknya gantilah junk food dengan makanan yang kaya akan protein seperti gandum, beras merah, telur, dan lain-lain. Jangan lupa memperbanyak minum air putih karena air akan membantu menguatkan akar rambutmu.
  • Jangan diet terlalu ketat karena dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Hal ini disebabkan karena rambut kurang mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan agar tetap kuat akarnya.
  • Stres dan depresi juga bias memicu kerontokan rambut. Latihan pernafasan, bermeditasi atau yoga juga sangat dianjurkan untuk melepaskan stress.
  • Jangan terlalu sering mencuci atau menguap rambut dengan air panas dan mengeringkannya dengan hair dryer. Karena panas akan merusak protein yang ada di dalam helai rambut yang disebut keratin. Keratin yang rusak mengakibatkan rambut mudah rontok karena patah serta rambut bercabang. Gunakan shampoo yang dapat mengembalikan kekuatan keratin alami. Selain itu juga, jangan terlalu sering mengikat rambut. Biarkan rambut bernapas agar kekuatannya senantiasa terjaga.

Demikian tips cara untuk mengatasi rambut rontok. perawatan ini harus dilakukan secara rutin agar rambut tidak kembali rontok dan rusak.