5 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut yang Ampuh

cara menghilangkan sakit kepala berdenyut

Sakit kepala berdenyut merupakan gangguan kesehatan yang sering kali dialami oleh banyak orang. Lantas, bagaimana cara menghilangkan sakit kepala berdenyut?

Salah satu cara mengobati sakit kepala berdenyut secara alami yang mudah dilakukan adalah dengan perbanyak minum air putih.

Pasalnya, dehidrasi atau kekurangan cairan kerap menimbulkan migrain yang memicu rasa sakit pada kepala.

Mari simak ulasan berikut ini untuk mengenal cara menghilangkan sakit kepala berdenyut selengkapnya.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut

Bila masih tergolong ringan, terdapat beberapa cara menghilangkan sakit kepala berdenyut yang bisa dilakukan secara mandiri, seperti perbanyak minum air putih, kompres hangat, tidur di tempat yang redup, hingga konsumsi makanan sehat.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengobati sakit kepala berdenyut yang pertama adalah dengan perbanyak minum air putih.

Minum air putih dapat mencegah serta mengatasi dehidrasi atau kondisi ketika tubuh kekurangan cairan yang turut memicu migrain dan sakit kepala.

Selain minum air putih, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung air, seperti buah dan sayur.

2. Kompres Hangat

Jika mengalami tension headache atau sakit kepala karena tegang, segera lakukan kompres hangat di bagian belakang kepala untuk membuat otot lebih rileks. Dengan begitu, rasa nyeri pada kepala bisa mereda.

Cara ini juga bisa dilakukan dengan mandi atau berendam air hangat untuk meredakan ketegangan pada otot leher.

3. Tidur di Tempat yang Redup

Saat mengalami sakit kepala berdenyut, orang cenderung akan merasa lebih sensitif terhadap suara dan cahaya.

Karena itu, cobalah untuk tidur di tempat yang redup dengan mematikan cahaya lampu.

Penting pula untuk menutup jendela dengan merapatkan tirai agar ruang tidur terasa lebih tenang, nyaman, dan jauh dari keramaian.

4. Pijat Kepala dengan Plossa

Memijat kepala diketahui cukup efektif untuk mengatasi sakit kepala berdenyut yang masih tergolong ringan.

Pasalnya, gerakan memijat ini mampu membuat tubuh dan kepala terasa lebih rileks.

Pijatlah area leher dan pelipis secara perlahan menggunakan jari telunjuk atau ibu jari. Bila perlu, gunakan minyak aromaterapi, seperti Plossa, agar pijatannya terasa lebih menenangkan.

Plossa merupakan minyak aromaterapi yang bersifat multifungsi karena bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti pijat, roll on, kerok, hingga inhaler.

Bahkan, Plossa juga menyediakan berbagai macam varian aroma yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu eucalyptus, red hot ekstra hangat, blue mountain relaxing, serta citrus herbal.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Cara menghilangkan sakit kepala berdenyut yang tidak kalah penting yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat.

Beberapa jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita sakit kepala adalah makanan tinggi magnesium, seperti kacang-kacangan, buah, dan sayur.

Pasalnya, magnesium turut membantu melemaskan pembuluh darah sehingga bisa mengoptimalkan aliran darah yang mengandung oksigen menuju otak.

Itu dia beragam cara menghilangkan sakit kepala berdenyut yang dapat dilakukan secara mandiri.

Namun, jika sakit kepala berdenyut tidak kunjung mereda meski telah melakukan cara di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: