3 Cara Mencegah Kanker Payudara, Jangan Tunggu Nanti!

Cara Mencegah Kanker Payudara, Jangan Tunggu Nanti

Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang menyebabkan kematian terbanyak pada wanita. Untuk mencegah kanker payudara sejak dini, diperlukan pola hidup sehat dan lebih peduli pada kondisi tubuh.

Selain itu, faktor risiko terkena kanker payudara dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor usia, genetik, riwayat keluarga, dan lain sebagainya. sebagai bentuk pencegahan, perlu dilakukan deteksi dini mulai dari umur 30 tahun. Berikut ini 3 tips yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kanker payudara.

1. Gaya Hidup Sehat dan Lakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

Menerapkan gaya hidup sehat adalah salah satu upaya untuk mencegah dan menurunkan risiko kanker payudara. Gaya hidup sehat meliputi rutin berolahraga, memilih makanan dengan gizi seimbang dan berbahan alami, menghindari makanan yang mengandung karsinogen, serta berhenti dari kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Selain itu, lakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk mengetahui apakah terdapat tanda-tanda kanker payudara. Lakukan pemeriksaan sendiri di depan cermin dengan memperhatikan bentuk, ukuran, permukaan dan warna kulit, serta bentuk puting payudara.

Pemeriksaan juga dilakukan dengan meraba payudara apakah ada perubahan bentuk. Lebih lanjut, lakukan pemeriksaan apakah terdapat cairan selain ASI yang keluar dari puting.

2. Lakukan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADARNIS)

Jika terdapat keluhan yang mencurigakan pada payudara seperti ada benjolan, perubahan tekstur, atau bentuk payudara yang mencurigakan, apalagi kalau disertai dengan rasa nyeri dan keluarnya cairan selain ASI dari payudara, maka segera konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan payudara klinis.

Segera konsultasikan kondisi kita ke dokter secara dini, agar dapat cepat terdiagnosa dan diberikan penanganan terapi kanker payudara yang tepat. Jangan takut memeriksakan diri ke dokter. Lebih baik mengetahui diagnosis lebih dini daripada menyesal di kemudian hari.

3. Lakukan Skrining Mamografi

Bagi perempuan yang berusia lebih dari 40 tahun, mendeteksi kanker payudara dapat dilakukan dengan mamografi. Metode pemeriksaan ini menggunakan sinar-X dosis rendah untuk mengetahui kondisi payudara.

Peduli terhadap kondisi tubuh sendiri adalah salah satu cara mendeteksi kanker payudara sejak dini yang harus dilakukan setiap wanita. Berani cari tahu untuk periksa serta aktif berkomunikasi dengan dokter. Tidak perlu khawatir karena semakin banyak tahu, kita menjadi paham mengenai diagnosis kanker payudara.

Source:

https://beranicaritahu.co.id/ch-3/
https://beranicaritahu.co.id/ch-5/

Image credit:

istockphoto.com

Baca juga: