Inilah 5 Tips Memilih Sampo Berdasarkan Jenis Rambut dan Kandungannya

Tips Memilih Sampo Berdasarkan Jenis Rambut dan Kandungannya

Sebelum memilih produk sampo, ada baiknya Anda mebaca dan memperhatikan zat kimia yang terkandung dalam sampo. Pasalnya, selain dapat mengatasi masalah yang terjadi pada rambut Anda, terdapat pula beberapa bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Sampo dibuat dengn tujuan membersihkan dan juga melembutkan rambut, terdapat pula beberapa campuran bahan alami yang jenis dan kadarnya disesuaikan dengan jenis sampo yang digunakan ntuk masalah kulit tertentu.

Tips Memilih Sampo Berdasarkan Jenis Rambut dan Kandungannya

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah produk sampo, sebaiknya Anda mencari dan mengenali jenis dan masalah rambut Anda. Setelah Anda mengetahuinya Anda bisa memilih produk yang sesuai.

Sebagai langkah awal pastikan Anda membaca komposisi yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, dan juga kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya:

1. Rambut Kering

Sampo yang pertama adalah untuk jenis rambut kering. Rambut kering bisa disebabkan karena kulit kepala Anda tidak memproduksi sebum yang berguna untuk melembabkan rambut. Akibatnya rambut menjadi kering, bercabang dan juga kusut.

Untuk jenis rambut kering baiknya Anda tidak menggunakan sampo yang memiliki kandungan detergen dan turunannya. Pilihlah sampo dengan bahan lembut dan mengandung minya alami seperti minyak kelapa, minyak argan, alpukat atau minyak biji anggur, yang dapat berfungsi sebagai pelembap.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner setelah keramas untuk haasil maksimal.

2. Rambut Berminyak

Berkebalikan dengan jenis rambut yang pertama, jenis rambut berminyak disebabkan karena kulit kepala Anda memproduksi lebih banyak sebum. Untuk rambut berminyak sangat umum disertai dengan adanya keluhan rambut lain yaitu ketombe.

Untuk mengurangi masalah tersebut sebaiknya Anda menggunakan sampo yg bekerja ganda. Yaitu mengurangi minyak dan menghilangkan ketombe jenis sampo ini biasanya diberi tambahan berupa asam salisilat, selenium sulfida, zinc.

Guna mengurangi minyak dan ketombe di kulit kepala, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung pyrithione, atau ketoconazole.

3. Rambut Tipis

Jenis rambut yang ketiga adalah rambut tipis. Di mana rambut tipis biasanya memiliki helaian lebih kecil. Hal ini ini bukanlah masalah besar, Anda cukup memilih produk yang memiliki kandungan panthenol.

Adapun panthenol adalah zat yang bermanfaat untuk melebatkan rambut. Sedangkan untuk tampilan tampak tebal dan Alami Anda bisa menggunakan sampo dengan kandungan keratin.

Untuk penggunaan kondisioner masih diperbolehkan, asalkan Anda hanya mengaplikasikannya pada bagian akar rambut saja. Hal ini untuk menjaga Agar rambut Anda tidak lepek.

4. Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan masalah rambut yang sangat popuker. Banyak orang mencoba berbagai cara untuk mengatasi rambut rontok. Untuk pemmilihan sampo, sebaiknya Anda menghindari sampo yang memiliki kandungan sulfur.

Sulfur memang bisa membersihkan rambut Anda seara maksimal, namun juga akan menyebabkan rambut Anda menjadi kering, patah dan mudah rontok.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda memilih sampo yang diperkaya dengan kandungan kandungan asam salisilat, biotin, keratin, atau ketoconazole, yang mampu mengurangi kerontokan rambut. Selain itu juga membuat rambut lebih cepat tumbuh.

Bagi Anda yang memiliki rambut mudah rontok, maka Anda bisa menggunakan shampoo dan conditioner TRESemmé Hair Fall Control secara teratur untuk mengatasinya.

5. Rambut yang Diwarnai

Dan yang terakhir adalah sampo untuk rambut diwarnai. Di mana rambut yang diwarnai tentu saja membutuhkan perawatan ekstra. Bagi Anda yang mewarnai rambut, sebaiknya gunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai.

Sampo ini umumnya memiliki kandungan sulfur yang akan membantu membersikan rambut secara maksimal. Selain sulfat, Anda juga perlu memiliki shampo dengan di bawah 5,5 untuk menjaga warna rambut agar tidak cepat pudar.

Baca juga: