Beragam Bahan Alami Penghilang Bau Mulut yang Perlu Diketahui

Beragam Bahan Alami Penghilang Bau Mulut yang Perlu Diketahui

Bau mulut atau halitosis merupakan hal yang sangat mempengaruhi kepercayaan diri selain penampilan. Sebab, bau mulut bisa menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman saat mengobrol dengan Anda. Bau mulut ini bisa dialami oleh siapa saja.

Penyebab Bau Mulut

Kebanyakan bau mulut disebabkan karena tidak menjaga kebersihan mulut, seperti tidak menggosok gigi dengan rutin atau tidak menggosok gigi dengan benar. Gigi berubang dan karang gigi juga dapat menyebabkan munculnya bau muut.

Selain hal yang sudah disebutkan diatas bau mulut juga bisa disebabkan karena beberapa hal lain seperti:

  1. Dehidrasi sehingga menyebabkan kurangnya air liur.
  2. Merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.
  3. Mengonsumsi makanan dengan bau yang menyengat seperti bawang atau petai.
  4. Adanya peradangan dan infeksi pada sinus, mulut atau pada tenggorokan. Seperti sinusitis, amandelatau radang gusi.
  5. Memiliki gangguan pencernaan seperti asam lambung dan penyakit pencernaan lainnya.

Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Bahan Alami

Bau mulut sebenarnya tidak sulit untuk diatasi, kecuali untuk bau mulut yang disebabkan karena penyakit. Anda cukup menggosok gigi dengan benar dan juga teratur, Anda juga harus minum cukup air putih untuk menghindari muculnya bau mulut akibat dehidrasi.

Jika bau mulut masih mengganggu setelah Anda rajin menggosok gigi dan juga cukup minum air putih, maka Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai penghilang bau mulut. Bahan-bahan tersebut antara lain:

1. Jeruk

Bahan alami yang pertama adalah jeruk. Mengonsumsi jeruk dapat membantu menghilangkan bau mulut. jeruk kaya akan vitamin C yang membantu menyembuhkan peradangan dalam mulut seperti sariawan dan radang gusi. Jeruk juga terbuti mampu meningkatkan jumlah air liur.

2. Susu

Susu dan produk turunannya seperti yogurt terbukti ampuh menghilangkan bau mulut yang muncul setelah Anda mengonsumsi makanan dengan bau yang menyengat. Setelah Anda mengonsumsi petai atau bawang sebaiknya Anda menetralisisr bau dengan meminum susu ataupun yogurt.

3. Siwak

Siwak merupakan sikat gigi yang digunakan pada zaman Nabi. Siwak ini adalah akar, ranting, atau batang tanaman Salvadora persica yang ditumbuk bagian ujungnya sehingga menyerupai sikat. Berdasarkan penelitian, tanaman siwak memang mengandung antibakteri, anti-jamur, anti-virus, dan anti-plak.

4. Daun Sirih

Bahan alami yang berikutnya adalah daun sirih. Tanaman lokal ini memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Pada zaman dahulu sudah banyak orang memanfaat kan sirih untuk kesehatan gigi dan mulut dengan cara dikunyah. Sirih memang memiliki zat anti radang dan juga antibakteri yang dapat menghilangkan bau mulut.

5. Teh Hijau

Teh hijau terbukti memiliki anti oksidan yang cukup tinggi dan juga anti bakteri. Meminum teh hijau tanpa gula dipercaya ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Anda juga bisa menambahkandaun mint ke dalam teh untuk memperkaya rasa. Selain memberi aroma khas, daun mint juga dapat membantu mengatasi bau mulut.

6. Akar Manis

Bahan alami penghilang bau mulut yang keenam adalah akar manis. Adapun Akar manis atau licorice ini sendiri sudah umum digunakan dalam berbagai pengobatan herbal. Bahkan juga banyak digunakan dalam berbagai produk seperti obat kumur atau tablet isap. Licorice memiliki kandungan antibakteri, sehingga dipercaya dapat meredakan sariawan, menghilangkan bau mulut bahkan dapat mencegah kerusakan gigi dan juga gusi.

Jika setelah Anda menggunakan berbagai bahan alami tersebut bau mulut juga tidak kunjung hilang, mungkin sudah saatnya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan atau penanganan yang tepat sehingga masalah bau mulut yang Anda alami bisa segera terselesaikan.

Baca juga: