5 Cara Memutihkan Baju dengan Mudah Tanpa Bahan Kimia

Cara Memutihkan Baju dengan Mudah Tanpa Bahan Kimia

Sobat mungkin pernah mengalami baju warna putih yang menguning dan kusam akibat terkena noda. Kemudian sobat merasa bahwa cara memutihkan baju yang menguning adalah pekerjaan yang ribet dan susah dikerjakan. Maka tidak mengejutkan jika banyak orang yang memilih untuk membeli baju baru daripada mengatasi warna baju putih yang menguning.

Baju warna putih yang menguning akan membuatnya nampak kusam. Sehingga jika dipakai bisa menurunkan rasa percaya diri pemakainya. Maka hal semacam ini harus segera di atasi.

Cara memutihkan baju yang kusam akibat menguning sejatinya adalah perkara yang mudah. Sobat bisa melakukannya sendiri karena biayanya juga murah dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan di sekitar sobat. Karena bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami sehingga sobat tidak perlu mengandalkan bahan kimia untuk pemutih baju.

Cara Memutihkan Baju yang Kusam dan Menguning

Sobat bisa menyimak beberapa tips dan cara memutihkan baju berikut ini. Semuanya mudah dilakukan dan tanpa menggunakan bahan kimia.

1. Jemur Baju Putih di Bawah Sinar Matahari

Jika sobat memiliki baju putih yang menguning, maka cara yang paling sederhana untuk mengatasinya adalah dengan menjemur baju tersebut di bawah terik matahari. Tahukah sobat jika sinar ultraviolet dari matahari nyatanya mampu memecah ikatan kimia dalam noda sehingga membuat noda tersebut memudar warnanya. Dengan demikian baju sobat akan menjadi lebih putih tanpa adanya aroma bahan kimia pemutih.

2. Gunakan Perasan Lemon atau Jeruk Nipis sebagai Pemutih Alami

Cara lainnya yang bisa sobat tempuh untuk memutihkan baju yang menguning adalah dengan merendam baju putih tersebut menggunakan campuran air dan perasan lemon atau jeruk nipis. Ternyata kandungan lemon dan jeruk nipis dapat memutihkan baju secara alami. Jadi sobat tidak perlu menggunakan bahan kimia pemutih untuk baju sobat yang menguning.

Caranya sangat mudah dan kami yakin sobat juga bisa mempraktikkannya di rumah. Sobat siapkan saja 5-10 liter air, lalu tambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis sekitar setengah gelas. Setelah semuanya siap, saatnya sobat merendam baju putih sobat selama beberapa jam atau semalaman biar makin yakin. Terakhir, cucui baju tersebut seperti biasanya sobat mencuci baju.

3. Putihkan Baju dengan Jeruk Purut

Tak kalah dengan jeruk nipis atau pun lemon, kandungan jeruk purut juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan baju yang kusam dan menguning. Jika sobat ingin mencobanya, yang perlu sobat lakukan adalah merebus air dalam panci. Setelah itu sobat tambahkan air perasan jeruk purut sekaligus dengan kulitnya. Biarkan saja hingga mendidih. Kemudian sobat masukkan baju putih yang menguning, rendam dan diamkan selama 1 jam. Terakhir, cuci dan bilas baju tersebut sebagaimana sobat biasa mencuci pakaian.

4. Campurkan Cuka Putih ke Dalam Air Cucian

Tahukah sobat jika cuka putih ternyata dapat digunakan sebagai alternatif pemutih baju, sehingga sobat tidak perlu mengandalkan pemutih berbahan kimia. Ketika sobat mencuci baju putih yang kusam, masukkan setengah cangkir cuka putih ke dalam air yang sobat gunakan untuk merendam baju tersebut. Baju sobat tidak hanya akan menjadi lebih putih, tetapi juga terasa lebih lembut kainnya.

5. Gunakan Soda Kue (Backing Soda)

Jika keempat cara di atas dirasa kurang, sobat bisa mencoba soda kue atau backing soda untuk memutihkan baju sobat yang kusam dan menguning. Soda kue di samping dapat membantu menghilangkan noda kusam membandel, ternyata juga memiliki kemampuan antiseptik sehingga akan membunuh bakteri jahat yang ada di baju sobat. Campurkan saja empat liter air dengan segelas backing soda. Kemudian rendam baju sobat beberapa saat, dan akhiri dengan mencucinya seperti biasa.

Nah sobat, itulah berbagai tips atau cara memutihkan baju menguning dengan mudah tanpa menggunakan bahan kimia. Sobat bisa mencoba beberapa cara di atas dan memprakikkannya di rumah.

Baca juga: