Inilah 7 Posisi Kerja di Telkom Indonesia yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Posisi Kerja di Telkom Indonesia yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Bagi Anda yang menyukai dinamika dunia digital, Telkom Indonesia menghadirkan peluang menarik untuk Anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan membongkar tujuh posisi kerja di Telkom, yang merangkul bidang digital dengan penuh potensi.

Beragam peluang kerja di Telkom pun hadir, yang sejalan dengan tiga pilar utama, yakni: konektivitas digital, platform digital, dan layanan digital.

Telkom Indonesia sebagai BUMN yang beroperasi dalam sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi serta jaringan telekomunikasi, membuka berbagai lowongan pekerjaan sebagai Talenta Digital Telkom.

Mengenal Lebih Dekat dengan Talenta Digital

Talenta Digital mengacu kepada individu yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi digital, dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan rahasia lagi, jika Talenta Digital menjadi salah satu elemen krusial dalam proses transformasi digital, yang dibutuhkan oleh segala jenis perusahaan.

Lebih dari itu, Talenta Digital juga memiliki peran vital dalam transformasi digital, sejajar dengan infrastruktur. Kedua aspek ini berpadu erat guna mendukung perkembangan perusahaan di era digital ini.

7 Posisi Menarik di Telkom sebagai Talenta Digital

Berikut ini tujuh posisi keraj di Telkom Indonesia yang berhubungan dengan Talenta Digital.

1. Artificial Intelligence Engineer

Peran sebagai Artificial Intelligence Engineer menjadi sorotan hangat dalam Telkom saat ini. AI atau Kecerdasan Buatan telah diaplikasikan dalam berbagai mesin, memungkinkan mesin meniru sifat-sifat manusia.

Proses Kecerdasan Buatan ini tentunya melibatkan pembelajaran untuk memperoleh informasi serta aturan, dan penerapan cara penggunaannya. Pada dasarnya, seluruh langkah Kecerdasan Buatan merupakan simulasi kemampuan berpikir manusia yang diimplementasikan dalam mesin. Mesin tersebut diarahkan untuk berpikir dan bertindak sebagaimana manusia.

Tugas seorang Artificial Intelligence Engineer mencakup pengenalan suara, proses pembelajaran, perencanaan, dan solusi terhadap tantangan. Oleh karenanya, individu dengan pengalaman dan pemahaman mendalam dalam ilmu komputer, akan menemukan porsi yang pas untuk mengambil peran ini di Telkom.

2. Back End Developer

Secara umum, tugas seorang Back End Developer meliputi merancang, mengelola, dan menjaga server, basis data, serta aplikasi di balik layar.

Selain itu, Back End Developer juga terlibat dalam seluruh rangkaian pengembangan produk digital, dengan fokus pada pengkodean dan penemuan kesalahan.

Tidak hanya itu saja, mereka juga turut serta dalam pengujian unit guna mengoptimalkan kinerja, dan mengelola teknologi pendukung peningkatan aplikasi.

Untuk bisa menempati posisi Back End Developer, dibutuhkan keterampilan dalam pengkodean untuk pengembangan aplikasi adalah modal yang diperlukan.

Selain itu, kemampuan berkomunikasi yang baik pun tidak kalah penting. Pasalnya, Anda akan berkolaborasi dengan pihak lainnya, yang terkait dengan tugas serta pekerjaan Anda..

3. Cloud Engineer

Tugas utama Cloud Engineer melibatkan pemeliharaan sistem komputasi awan (cloud computing) dengan pemahaman mendalam terhadap pemrograman komputer dan perangkat keras.

Selain itu, Cloud Engineer juga bertanggung jawab merancang serta mengembangkan platform awan, untuk mendukung kolaborasi tim teknis dan berkontribusi dalam proyek open source.

Bahkan, posisi Cloud Engineer ini juga memiliki peran penting dalam memperkuat keamanan platform.

4. Tim Data

Bagi Anda yang tertarik dalam mengeksplorasi potensi data dan mengubahnya menjadi wawasan yang bernilai bagi perusahaan, maka posisi kerja dalam Tim Data sangat cocok untuk Anda.

4.1. Data Analyst

Bagi Anda yang berminat menempati posisi Data Analyst, maka diperlukan kemampuan untuk menganalisis data dengan berbagai metode statistik dan teknologi informasi.

Selain itu, kemampuan mengidentifikasi pola dan korelasi dalam data serta memberikan interpretasi yang substansial bagi perusahaan, juga sangat penting bagi Data Analyst.

4.2. Data Engineer

Sebagai bagian dari Tim Data, tugas Data Engineer antara lain merancang dan menerapkan sistem perangkat lunak, memverifikasi serta menjaga sistem, sekaligus membangun sistem untuk pengambilan dan pemrosesan data.

Oleh sebab itu, penguasaan dalam proses Extract, Transform, Load atau ETL, serta membangun struktur data menjadi hal yang tidak terelakkan, demi memperoleh pemahaman yang diinginkan oleh perusahaan.

4.3. Data Scientist

Bagian dari Tim Data yang terakhir adalah dan Data Scientist. Di mana posisi kerja di Telkom yang satu ini bertangung jawab mengolah data, mulai dari pengumpulan, validasi data, proses pemodelan, hingga visualisasi data. Data ini kemudian diubah menjadi wawasan dan solusi bagi perusahaan.

5. Digital Product Manager

Selanjutnya, ada posisi Digital Product Manager. Di mana posisi ini bertugas mengarahkan strategi pengembangan produk dari awal hingga akhir. Digital Product Manager terlibat penuh dalam merumuskan ide, mengelola daftar tugas, memandu proses pengembangan, serta menyusun strategi pemasaran.

Di samping itu, Digital Product Manager juga memiliki peran penting dalam menetapkan visi, strategi, hingga perencanaan yang berdasarkan tujuan bisnis dan kebutuhan pengguna.

6. Tim Software

Tim Software di Telkom Indonesia berperan dalam mengelola perangkat lunak di dalam ekosistem digital Telkom. Tim ini dibagi lagi menjadi beberapa posisi, antara lain:

6.1. Software Architect

Sesuai namanya, posisi Software Architect memiliki peran penting dalam merancang pendekatan arsitektur perangkat lunak, yang akan dijalankan oleh tim pengembang.

Adapun kemampuan untuk memahami konsep arsitektur perangkat lunak, mengikuti teknologi mutakhir, dan menerapkan praktik terbaik dalam industri, menjadi kunci utama guna menciptakan solusi yang efektif, dan dapat ditingkatkan dalam pengembangan perangkat lunak, yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

6.2. Software Documentation Engineer

Selanjutnya ada Software Documentation Engineer yang berperan dalam mendokumentasikan segala aspek yang terkait dengan teknis. Hal ini juga mencakup pembuatan, pembaruan, serta pemeliharaan seluruh dokumentasi produk.

6.3. Software Quality Assurance Engineer

Selain itu ada pula posisi Software Quality Assurance Engineer. Di mana bagian ini bertaggungjawab dalam memastikan, bahwa kualitas perangkat lunak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Di samping itu, Software Quality Assurance Engineer juga mengembangkan rencana pengujian dan kasus uji secara rinci, komprehensif, dan terstruktur.

7. Tim UI/UX

Secara umum, tugas Tim UI/UX adalah menciptakan produk digital, mulai dari tahap ideasi, perancangan, hingga penyempurnaan produk. Tim UI/UX di Telkom Indonesia masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian, yakni:

7.1. UI Designer

Posisi UI Designer ini berperan dalam hal perancangan tampilan produk digital yang bersih, rapi, berfungsi dengan baik, dan mudah digunakan oleh pengguna.

Hal ini juga mencakup pemilihan warna, gambar, teks, dan elemen visual lainnya.

7.2. UX Designer

UX Designer harus mampu menganalisis serta memiliki kreativitas dalam memahami kebutuhan pengguna terhadap produk digital. Keberhasilan UX Designer ini tercermin pada tingkat kepuasan pengguna terhadap produk, seperti aplikasi yang mudah diakses dan memiliki fitur interaktif.

7.3. UX Researcher

Kemudian ada juga UX Researcher yang bertugas merancang konsep untuk perbaikan fitur produk di situs (website) atau aplikasi, melalui penelitian dan eksplorasi perilaku pengguna saat menggunakan produk digital.

Bagi yang berminat menduduki posisi UX Researcher, maka kemampuan analisis yang kuat dan keterampilan pemecahan masalah yang baik, menjadi modal utama.

7.4. UX Writer

Posisi yang terakhir dalam Tim UI/UX adalah UX Writer. Di mana UX Writer ini bertugas menghasilkan seluruh teks (copy) yang dibutuhkan oleh pengguna saat menggunakan aplikasi.

Semua tulisan ini haruslah didasarkan pada prinsip 3C, yakni: Clear (Jelas), Concise (Ringkas), dan Consistent (Konsisten).

Baca juga: