adplus-dvertising

Mengenal Scaling Gigi: Pentingnya Perawatan Profesional untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Mengenal Scaling Gigi Pentingnya Perawatan Profesional untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Scaling gigi merupakan salah satu prosedur pembersihan profesional, di mana dilakukan oleh dokter gigi atau ahli kebersihan gigi, dalam rangka menjaga kesehatan gigi dan gusi. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa hal terkait prosedur dan harga scaling gigi, manfaatnya, serta mengapa perawatan ini sangat penting bagi kesehatan gigi dan mulut kita.

Apa itu Scaling Gigi?

Scaling gigi adalah proses pembersihan menyeluruh yang bertujuan menghilangkan plak, tartar, dan kotoran lainnya yang menumpuk pada permukaan gigi. Plak adalah lapisan lengket yang terbentuk akibat sisa makanan, bakteri, dan saliva yang mengendap pada gigi.

Jika plak tidak dihilangkan secara teratur, maka akan dapat mengeras menjadi tartar yang sulit dihapus dengan cara biasa seperti sikat gigi dan benang gigi.

Prosedur Scaling Gigi

Prosedur scaling gigi melibatkan beberapa langkah yang dilakukan oleh dokter gigi atau ahli kebersihan gigi. Berikut ini adalah rincian prosedur scaling gigi:

1. Pemeriksaan Awal

Sebelum memulai prosedur scaling gigi, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan awal untuk mengevaluasi kondisi umum gigi dan gusi Anda. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan mulut yang ada dan menentukan langkah-langkah yang harus diambil selama prosedur scaling.

2. Anestesi Lokal (Jika Diperlukan)

Sebelum memulai proses scaling, dokter gigi mungkin akan menggunakan anestesi lokal untuk mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan selama prosedur. Anestesi lokal diberikan dengan suntikan ke area sekitar gigi yang akan dikerjakan.

3. Skaling

Setelah area yang akan dikerjakan mati rasa, dokter gigi akan menggunakan alat scaler atau ultrasonic scaler untuk menghilangkan plak dan tartar dari permukaan gigi. Scaler adalah alat manual yang memiliki ujung ramping yang digunakan untuk mengikis plak dan tartar secara manual.

Ultrasonic scaler menggunakan getaran ultrasonik untuk menghancurkan plak dan tartar serta membersihkan permukaan gigi.

4. Pembersihan Lanjutan

Setelah proses scaling, dokter gigi atau ahli kebersihan gigi akan membersihkan sela-sela gigi dan area di bawah garis gusi menggunakan alat khusus, seperti scaler sikat atau benang gigi khusus. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan plak dan tartar yang mungkin masih tertinggal setelah proses skaling sebelumnya.

5. Poles Gigi

Setelah gigi dibersihkan dari plak dan tartar, dokter gigi akan menggunakan pasta khusus dan alat poles untuk memoles permukaan gigi. Proses ini membantu mengembalikan kehalusan permukaan gigi dan menghilangkan noda yang mungkin terdapat pada gigi.

6. Fluoridasi

Langkah terakhir dalam prosedur scaling gigi adalah aplikasi fluoridasi. Dokter gigi mungkin akan mengaplikasikan lapisan fluorid pada gigi Anda. Fluoridasi bertujuan untuk menguatkan email gigi, melindungi gigi dari kerusakan, dan mencegah gigi berlubang.

Setelah prosedur scaling gigi selesai, dokter gigi atau ahli kebersihan gigi akan memberikan nasihat dan petunjuk perawatan gigi yang tepat. Penting untuk mengikuti saran perawatan yang diberikan, termasuk menjaga kebersihan gigi dan menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi yang optimal.

Biaya Scaling Gigi

Harga atau biaya prosedur scaling gigi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi praktek, tingkat kompleksitas kasus, serta biaya hidup di daerah tersebut. Selain itu, biaya juga dapat dipengaruhi oleh apakah Anda melakukan scaling gigi di dokter gigi umum atau spesialis periodontis.

Secara umum, harga rata-rata untuk scaling gigi biasanya berkisar antara beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah per sesi. Namun, penting untuk dicatat bahwa ini hanya perkiraan kasar, dan harga yang sebenarnya dapat berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sebagai tambahan, penting untuk diingat bahwa biaya scaling gigi dapat bervariasi jika Anda membutuhkan perawatan tambahan, seperti pemutihan gigi atau perawatan periodontal yang lebih intensif. Dokter gigi akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai perawatan tambahan yang mungkin diperlukan serta biaya yang terkait dengan hal tersebut.

Manfaat Scaling Gigi

Scaling gigi memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan gigi dan gusi, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pencegahan Penyakit Periodontal

Scaling gigi secara teratur membantu mencegah perkembangan penyakit periodontal, yang meliputi gusi berdarah, radang gusi, dan kerusakan tulang di sekitar gigi. Penyakit periodontal dapat menyebabkan gigi menjadi longgar atau bahkan tanggal.

Dengan menghilangkan plak dan tartar yang menumpuk di sekitar gigi, scaling gigi membantu menjaga kesehatan gusi dan mencegah penyakit periodontal.

2. Pembersihan Mendalam

Proses scaling gigi mencapai area yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Plak dan tartar yang menumpuk di sela-sela gigi dan di bawah garis gusi sulit dihilangkan hanya dengan menyikat gigi dan menggunakan benang gigi.

Scaling gigi membantu menghilangkan plak dan tartar secara menyeluruh, mengurangi risiko kerusakan gigi dan masalah kesehatan mulut lainnya.

3. Pemulihan Gusi Sehat

Plak dan tartar yang menumpuk pada gigi dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada gusi. Scaling gigi membantu mengurangi peradangan gusi dan merangsang pertumbuhan jaringan gusi yang sehat. Dengan menghilangkan plak dan tartar secara teratur, Anda dapat memperbaiki kondisi gusi Anda, mengurangi risiko perdarahan gusi, dan mengembalikan kesehatan gusi secara keseluruhan.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Bakteri yang menumpuk di dalam mulut merupakan salah satu penyebab umum bau mulut yang tidak sedap. Scaling gigi membantu menghilangkan bakteri dan plak yang menjadi sumber bau mulut yang tidak sedap.

Dengan membersihkan gigi secara menyeluruh dan menghilangkan bakteri, scaling gigi dapat membantu meningkatkan kesegaran napas dan meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam berinteraksi dengan orang lain.

Secara keseluruhan, scaling gigi merupakan sebuah prosedur penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Dengan melakukan scaling gigi secara teratur, Anda dapat mencegah masalah kesehatan mulut yang lebih serius dan menjaga senyum yang sehat dan indah sepanjang hidup Anda.

Baca juga: