adplus-dvertising

Inilah 7 Cara Merontokkan Karang Gigi yang Perlu Diketahui

Cara Merontokkan Karang Gigi yang Perlu Diketahui

Mulut merupakan pintu dari organ pencernaan, di mana dalam mulut terjadi proses pemecahan makanan oleh gigi sebelum makanan dapat dicerna dan digunakan tubuh. Proses ini berpotensi menjadikan mulut dan gigi menjadi kotor.

Gigi yang kotor biasanya akan mudah rusak dan menjadi sarang bakteri. Salah satu kerusakan atau gangguan yang umum terjadi jika gigi tidk dibersihkan dengan baik adalah karang gigi atau plak. Plak berasal dari penumpukan sisa makanan dan minuman, kemudian digunakan sebagai tempat berkembang biak bakteri. Bakteri-bakteri ini akan membentuk karang gigi.

Cara Membersihkan Karang Gigi

jika dibiarkan karang gigi bisa merusak enamel gigi, menimbulkan peradangan dan infeksi pada gusi. Dan juga berbagai masalah kesehatan mulut lainnya. Karang gigi yang belum terlalu tebal, biasanya masih bisa dibersihkan sendiri dengan beberapa cara berikut ini:

1. Menyikat Gigi dengan Benar dan Teratur

Cara utama membersihkan karang gigi adalah dengan menyikat gigi dengan teratur. Gigi harus disikat minimal 2 kali dalam sehari dengan durasi kurang lebih selama menit. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah setelah sarapan dan sebelum tidur.

Rutin menyikat saja masih belum lengkap. Untuk memberantas karang gigi teknik menyikat gigi harus benar. Hal ini untuk menghidarkan sisa-sisa makanan tertinggal pada sela-sela gigi. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar, dimulai dari bagian geraham. Gunakan sikat yang lembut dan jangan menggosok terlalu keras.

2. Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi Anda dapat menggunakan benanggigi. Gunakan benang gigi dengan ukuran yang tepat, dan juga bersihkan setelah Anda menyikat gigi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Obat Kumur

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan obat kumur. Selain benang gigi obat kumur juga bisa membersihkan sela-sela gigi dan juga bagian belakang yang mungkin tidak bisa dijangkau oleh benang gigi ataupun sikat gigi. Selain itu obat kumur juga mampu membuat nafas lebih segar.

Obat kumur bekerja dengan cara menghambat bakteri pembentuk karang gigi. Saat memilih obat kumur perontok karang gigi, Anda harus memperhatikan sebaiknya yang tidak mengandung alkohol. Hal ini dikarenakan obat kumur beralkohol akan merusak keseimbangan flora dalam mulut.

Tidak semua obat kumur dapat menmbersihkan karang gigi. Sebaiknya Anda membeli obat kumur dengan kandungan CPC (Cetylpyridinium Chloride). Atau Anda dapat memilih produk yang direkomendasikan yaitu Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri.

Selain mengandung CPC yang terbukti dapat mengurnagi pertumbuhan bakteri penyebab plak. Obat kumur ini juga tidak mengandung alkohol sehingga tidak terasa perih saat digunakan. Obat kumur Pepsodent Mouthwash Active Defense Anti Bakteri akan menunjukkan hasil yang signifikan setelah digunakan dala 30 hari.

6. Berhenti Merokok

Nikotin dalam rokok tidak hanya merusak warna gigi dan menimbulkan bau mulut, namun juga bisa memicu munculya karang gigi yang berwarna hitam. Hal ini tentu saja merusak penampilan, maka dari itu Anda harus mulai menghentikan rokok agar gigi dan mulut menjadi lebih sehat.

7. Cukupi Kebutuhan Minum Air Putih

Hampir semua tips kesehatan melampirka anjuran untuk memenuhi kebutuhan air minum. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi banyak air putih, selain bermanfaat bagi kesehatan juga dapat meningkatkan produksi air liur. Air liur ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk meluruhkan kotoran yang tertinggal pada gigi dan mulut.

Baca juga: