adplus-dvertising

Ketahui Beragam Manfaat Vitamin D dan Pentingnya untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Beragam Manfaat Vitamin D dan Pentingnya untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin D atau ada juga yang menyebut dengan calciferol merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Ada dua jenis vitamin D, yaitu vitamin D2 (ergocalciferol) dan vitamin D3 (cholecalciferol).

Sedikit berbeda dengan vitamin lainnya, vitamin D juga sering disebut dengan pro-hormon. Hal ini dikarenakan, selain didapatkan dari luar tubuh, vitamin D juga dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Tubuh manusia dapat memproduksi vitamin D dengan mendapatkan sumber dari sinar matahari pagi yang terserap oleh kulit. Itulah mengapa dianjurkan untuk rutin berjemur, terutama untuk bayi, anak-anak dan juga lansia.

Kegiatan berjemur ini dapat dilakukan antara pukul 07.00 – 09.00 pagi, selama 15 – 30 menit.

Manfaat Vitamin D

Kebutuhan tubuh akan vitamin D memang tidak bisa dianggap sepele. Semenjak bayi sampai lansia, membutuhkan asupan vitamin D secara terus menerus. Terdapat banyak manfaat vitamin D untuk tubuh yang sangat penting guna menunjang kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Fungsi utama dari vitamin D adalah menjaga kesehatan tulang. Vitamin D akan berperan aktif dalam mendukun penyerapan kalsium dalam sistem pencernaan. Tidak hanya membantu penyerapan, Vitamin D juga bertanggung jawab untuk mempertahankan kadar kalsium dan fosfat dalam darah.

Dengan kadar kalsium dan fosfat yang mencukupi, maka proses mineralisasi dalam tulang juga akan berjalan normal, selain itu juga akan mencegah terjadinya kejang otot akibat kadar kalsium darah yag terlalu rendah.

Kalsium darah yang cukup juga akan membantu menguatkan tulang dan gigi, mencegah terjadinya rakhitis, dan tulang melengkung pada anak. Mencegah terjadinya osteomalasia (kerapuhan tulang) dan osteoporosis (pengeroposan tulang pada lansia.

2. Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh

Tidak hanya vitamin C, vitamin D juga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Kalsitriol, adalah molekul aktif dalam vitamin D yang akan berperan sebagai immuno modulator dalam tubuh

Immuno modulator ini akan menguatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan asupan vitamin D yang cukup, Anda akan terhindar dari penyakit ringan seperti flu, demam, pilek, dan sakit kepala.

3. Meremajakan Kulit

Jika selama ini para wanita rajin mengonsumsi vitamin Euntuk kesehatan kulit. Maka sebaiknya, sejak saat ini Anda juga mencukupkan kebutuhan vitamin D Anda, karena tebukti dengan asupan vitamin D yang mencukupi proses peremajaan kulit akan berlangsng dengan lebih baik. Selain itu juga dapat menghindarkan dari penyakit kulit berbahaya seperti psoriasis.

4. Mencegah Kanker

Kalsitriol yang terdapat dalam vitamin D, ternyata juga dapat memperlambat pertumbuhan, bahkan membunuh sel kanker dalam tubuh. Molekul ini juga memiliki kemampuan untuk  memperlambat tumbuhnya pembuluh darah baru di jaringan kanker dan mencegah penyebarannya.

Beragam Sumber Vitamin D

Begitu pentingnya peranan vitamin D dalam tubuh, sehingga Anda perlu mengonsumsi secara rutin semenjak dini. Sebenarnya vitamin D ini sangat mudah diperoleh. Dengan sifatnya yang unik vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari.

Tidak cukup hanya dengan berjemur, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, yaitu:

  • Ikan yang cenderung berlemak seperti: salmon, makarel, dan sardin
  • Telur
  • Susu sapi dan produk turunannya seperti: keju dan yoghurt
  • Olahan kedelai seperti tempe, tahu dan Susu kedelai
  • Sereal

Jika Anda merasa kesulitan mendapatakan asupan vitamin D karena kesulitan memakan jenis makanan tertentu, maka Anda juga bisa memperoleh asupan vitamin dari suplemen.

CDR Oranye

Salah satu suplemen vitamin D yang banyak direkomendasikan, karena mudah dan enak adalah CDR. Adapun CDR ini sendiri merupakan suplemen vitamin D yang berbentuk tablet effervescent, sehingga mudah dibawa dan dikonsumsi kapan pun Anda butuhkan.

Anda hanya perlu melarutkannya dalam segelas air dingin. CDR ini aman dikonsumsi oleh usia di bawah 40 tahun, khususnya CDR Orange dan CDR Fruit Punch. Bahkan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Selain itu, ada juga CDR Fortos Orange untuk usia di atas 40 tahun.

Baca juga: