Loading...

Ternyata iOS 8 Tak Semenarik iOS 7

Ternyata iOS 8 Tak Semenarik iOS 7

MakEmak.comTernyata iOS 8 Tak Semenarik iOS 7. Pasca peluncurannya, Apple iOS 8 yang dibekali dengan sistem operasi mobile terbaru serta memiliki banyak fitur baru seperti dukungan widget dan custom keyboard tidak mampu mengalahkan daya tarik pendahulunya, yaitu Apple iOS 7.

Kurangnya daya tarik sistem operasi ini tampak dari persentasi pengguna gadget Apple yang telah melakukan upgrade ke iOS8. Data dari dashboard Apple menunjukkan bahwa sampai dengan saat ini iOS 8 baru digunakan oleh sekita 47 persen pengguna gadget Apple. Dibandingkan dengan versi iOS 7 yang dalam waktu 1 minggu setelah diluncurkan telah diadopsi oleh lebih dari 60 persen pengguna pada September tahun lalu, iOS 8 ini dianggap kurang memiliki daya tarik.

Seperti dituliskan laman Engadget, Selasa (7/10/2014), tingkat adopsi iOS 8 semakin hari kian melambat. Selama 2 minggu ini persentase pengguna yang sudah beralih ke sistem operasi ini hanya bertambah satu persen saja. Demikian dilansir laman Kompas, Rabu (8/10/2014).

Penyebab pasti enggannya pengguna gadget Apple enggan beralih ke iOS 8 belum diketahui, sementara dugaan mengarah kepada hambatan-hambatan terkait proses update, seperti ukuran file instalasi yang sangat besar, bahkan mencapai 6,9 GB pada iPad. Hal ini menimbulkan kesulitan pada pengguna untuk mengunduh secara over the air.

Dugaan lain adalah fakator handset. Sebagai contoh adalah iPhone 4 yang masih banyak digunakan oleh masyarakat luas namun sudah tidak didukung pada iOS 8. Peluncuran dua ponsel terbaru Apple, iPhone 6 dan 6 Plus yang digandengkan dengan iOS 8 secara default, diharapkan bisa mendongkrak angka adopsi OS tersebut, walaupun sampai saat ini belum memberikan kontribusi signifikan.

Tags: ,
Baca juga: