Loading...

Lonjakan Permintaan Hiace Membuat Toyota Kewalahan

Lonjakan Permintaan Hiace Membuat Toyota Kewalahan

MakEmak.comLonjakan Permintaan Hiace Membuat Toyota Kewalahan. Meningkatnya permintaan pasar terhadap mobil Toyota Hiace secara terus menerus sempat membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) kewalahan. Pasalnya semenjak awal jumlah pasokan dari Jepang memang lebih sedikit dibandingkan permintaan pasar.

Direktur Pemasaran TAM, Rahmat Samulo memaparkan dalam event drive Hiace menuju Bogor, Rabu (8/10/2014), jumlah kenaikan permintaan ini sudah terjadi sejak awal 2014. Yang membuat kewalahan karena untuk mobil ini TAM benar-benar bergantung pada pasokan.

Beliau juga menjelaskan pada awal peluncuran pada tahun 2012, permintaan di awal tidak banyak. Namun entah mengapa semenjak awal tahun lalu permintaan mulai merambat naik. Bahkan pada awal 2013 seluruh pemesan fleet harus menunggu. Walaupun sempat membuat kewalahan semua pesanan sudah dapat terpenuhi semenjak beberapa bulan terakhir.

Dilansir laman Kompas, Kamis (9/10/20140) “Saat ini jumlah unit yang datang dari Jepang sekitar 200-an sebulan. Pesanan antara 150-200 sebulan. Kalau dulu, sempat pasokan 100 unit sebulan, karena tahun lalu demand-nya rata-rata di bawah 100 unit,” ujar Samulo.

Untuk masalah produksi Samulo memaparkan sesungguhnya bias saja TAM bisa saja merakit secara lokal (CKD) dengan dalih menekan biaya produksi. Namun di awal peluncuran jumlah penjualan yang hanya rata-rata 100-an unit sebulan, belum memenuhi kuota produksi.

“Penjualan Hiace memang semakin bagus. Namun untuk memasuki skala produksi belum terlalu mencukupi. Memang tidak ada patokan, tapi kami akan terus menggenjot penjualan,” ungkap Samulo.

Baca juga: