Loading...

Peran Penting Orang Tua dalam Pencegahan Obesitas pada Anak

Peran Penting Orang Tua dalam Pencegahan Obesitas pada Anak

MakEmak.comPeran Penting Orang Tua dalam Pencegahan Obesitas pada Anak. Berdasarkan data tercatat bahwa kasus obesitas pada anak di Indonesia terus meningkat semenjak tahun 2007. Diduga hal ini disebabkan oleh asupan gizi yang tidak seimbang.

Dalam hal ini orang tua memegang peranan yang sangat penting karena masih banyak orang tua yang membebaskan anak makan apapun yang dinginkan tanpa memperhatikan keseimbangan gizi yang terkandung di dalamnya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan dan kestabilan berat badan anak agar tidak terjangkit obesitas:

  1. Kenalkan berbagai jenis makanan bergizi, biasakan anak makan berbagai jenis sayur, buah dan protein dengan jumlah yang sesuai. Kenalkan dengan berbagai variasi makanan sehat. Kebiasaan ini akan dibawa sampai dewasa dan anak akan merasakan keuntungannya.
  2. Banyaknya aktivitas yang dilakukan anak membuat anak mudah lapar. Tidak ada salahnya memberikan camilan pda anak, berhati-hatilah dalam memilih camilan. Biasakan anak makan camilan sehat ibu bisa membuat camilan sehat dan mudah di rumah. Camilan yang mengandung terlalu banyak gula akan memicu obesitas.
  3. Jangan lupakan bahwa camilan hanya berfungsi sebagai pelengkap, bukan makanan utama. Anak harus mulai disiplin dalam memakan camilan. Seperti: anak hanya boleh memakan camilan maksimal 2 kali sehari dengan jumlah yang ditentukan. Karena terlalu banyak camilan juga akan mempengaruhi makan besar anak.
  4. Jangan biarkan anak terlalu lama bermain gadget atau duduk di depan televisi. Imbangi dengan aktivitas di luar rumah. Anak bisa bermain dengan sebayanya atau sekedar berjalan atau bersepeda santai dengan ayah atau bunda. Selain membangun kedekatan, membantu anak bersosialisasi dengan sebaya dan mengenalkan anak pada lingkungan. Aktifitas ini akan membantu membakar kalori sehingga berat badan anak lebih terjaga