Loading...

Tips Sehat Menggunakan Teknik Deep Fried

Tips Sehat Menggunakan Teknik Deep Fried

MakEMAK.comTips Sehat Menggunakan Teknik Deep Fried. Berbagai makanan renyah seperti Tempura, Nugget, ebi furai merupakan makanan praktis dan lezat. Namun sebagian orang menghindari makanan ini kareda peroses pemasakannya yang digoreng dalam minyak banyak/Deep Fried. Proses ini dianggap sebagian orang tidak sehat karena menyerap banyak minyak dan menyebabkan kolesterol tinggi.

Salah satu juri Masterchef Indonesia, Chef Arnold mengatakan bahwa sebenarnya proses deep fried ini sehat asalkan digoreng dengan cara yang tepat.

Kunci utama dalam metode deep fried ini adala suhu minyak, suhu minyak harus pas berkisar antara 170 derajat celcius dan jangan lupa makanan yang akan digoreng harus benar-benar terendam sempurna.

Selain minyak ketebalan tepung yang membalut makanan juga harus diperhatikan. Tepung yang terlalu tebal akan mengakibatkan minyah terserap sangat banyak di lapisan tepung tersebut, sehingga tidak sehat. Ketebalan tepung yang sesuai adalah maksimal 2mm yang setara dengan dua kali penepungan.

Proses dua kali penepungan dengan tepung basah dan kering ini memberikan keuntungan tersendiri juga. Karena minyak hanya akan menggoreng tepungnya saja, namun panasnya akan mengaliri daging ayam udang atau cumi di dalamnya hingga matang.

Panas yang menyebar ini setara dengan proses pengukusan sehingga bagian dalamnya tetap lembut dan juicy serta kadar gizi cenderung lebih terjaga, tepung yg tergoreng pun tidak akan menyerap banyak minyak, sehingga gorengan ini tetap sehat dan aman dimakan.

Satu lagi tipsnya adalah jangan gunakan minyak yg sudah berkali-kali di pakai karena selain warna makanan menjadi tidak cantik, resiko kolesterolnya juga lebih tinggi.

Baca juga: