6 Cara Ampuh untuk Mengusir Semut di Rumah yang Bisa Dicoba

Cara Mengatasi Gangguan Semut di Rumah

Salah satu gangguan yang muncul di musim hujan adalah datangnya semut ke dalam rumah. Kehadiran semut bisa saja karena mereka mencari tempat yang lebih hangat dan nyaman sekaligus untuk mencari makanan. Remahan makanan yang berceceran di lantai, ataupun minuman manis yang tumpah bisa menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi segerombolan semut.

Permasalahannya akan semakin runyam ketika semut itu mulai banyak jumlah dan mengusik penghuni rumah, misalnya masuk ke dalam telinga. Atau jika sobat memiliki anak yang masih kecil, kadang-kadang semut merah juga bisa menggigitnya hingga kulit si buah hati menjadi gatal bahkan bentol-bentol. Bahkan semut juga kerap mengerumuni makanan dan minuman yang tidak tertutup dengan sempurna.

Tentu saja sobat tidak menginginkan hal itu berlama-lama terjadi di rumah sobat. Perlu dicari cara untuk mengusir dan mengatasi masalah gangguan semut tersebut.

Cara Mengatasi Gangguan Semut di Rumah

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa sobat coba untuk mengusir semut dan menghilangkan gangguannya dari rumah sobat.

1. Menggunakan Bubuk Asam Borat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengusir semut adalah menggunakan asam borat. Bubuk asam borat itu sendiri bisa sobat dapatkan di toko bahan kimia. Caranya cukup mudah, yakni sobat taburkan saja bubuk asam borat di area yang sering dikerumuni semut, misalnya di sudut atau pojokan lantai, di bawah tembok, di kawasan dapur, dan tempat-tempat yang digunakan semut untuk bersarang ataupun berkeliaran mencari makan.

2. Menggunakan Kapur Anti Serangga

Kapur anti serangga mengandung kalsium karbonat, dimana aromanya tidak disukai oleh berbagai serangga, termasuk semut. Dengan demikian kapur anti serangga ini dapat sobat gunakan untuk mengusir semut dengan mudah. Sobat hanya perlu membuat garis melingkar di area keluar masuk semut sehingga semut akan merasa tidak nyaman.

Sisa kapur anti serangga bisa sobat simpan untuk dipakai di lain waktu. Namun perlu sobat perhatikan agar selalu menyimpannya jauh dari jangkaun anak-anak agar kapur tersebut tidak digunakan untuk bermain.

3. Menggunakan Tepung Terigu

Selain menggunakan bahan kimia, sobat juga bisa memanfaatkan tepung terigu untuk mengusir semut Dengan menaburkan tepung di sepanjang titik keluar masuk semut (area sarang), maka semut akan kesulitan menerobos garis-garis yang sobat dengan menggunakan tepung terigu tadi.

4. Menggunakan Bubuk Lada Hitam

Tahukah sobat, jika ternyata lada juga cukup efektif jika digunakan untuk mengusir semut di rumah sobat. Sobat bisa menaburkan bubuk lada hitam ketika semut di rumah sobat sudah mulai banyak. Aroma khas panas dan pedas yang dihasilkan oleh bubuk lada hitam akan membuat semut enggan untuk muncul berkeliaran di area yang sobat taburi. Jangan lupa beri pemahaman kepada si buah hati agar tidak mendekati area tersebut, karena dikhawatirkan si buah hati justru terkena bubuk lada hitam tersebut.

5. Menggunakan Garam

Sama seperti bubuk lada hitam, ternyata garam juga bisa sobat manfaatkan sebaga bahan alami untuk mengusir semut di rumah sobat. Taburkan saja garam membentuk garis setebal 3 – 5 cm di area sarang semut, maka semut akan kesulitan untuk menerobos melewati garis tersebut.

6. Menyewa Jasa Pembasmi Semut

Jika cara-cara di atas sudah sobat coba dan tidak menyelesaikan gangguan semut di rumah, maka sobat bisa mencoba cara lainnya yaitu dengan menyewa jasa pembasmi semut. Mereka adalah orang-orang profesional dan berpengalaman dalam mengatasi gangguan semut sehingga masalah yang sobat alami dapat di atasi dengan mudah dan tuntas.

Baca juga: