Siku Kertas (Paper Angle)

Manfaat Siku Kertas (Paper Angle) dalam Dunia Ekspedisi

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia industri yang melibatkan aktivtas pengiriman barang atau ekspedisi, pasti sudah tidak asing lagi dengan benda bernama siku kertas. Perlu diketahui, siku kertas atau juga dikenal dengan paper angle, ada juga yang menyebutnya dengan edge protector, merupakan barang yang sangat penting bagi pelaku ekspedisi, terlebih untuk paket berukuran besar dan dikirim ke tempat yang cukup jauh, misal dalam kegiatan ekspor impor.

Siku kertas merupakan bagian dari kemasan yang berfungsi untuk melindungi tepian kemasan di pallet sebelum diikat menggunakan straping band. Siku kertas ini akan menghindarkan paket dari benturan dan juga gesekan. Bahkan dalam pengiriman ekspor terdapat beberapa negara yang mewajibkan penggunaan siku kertas ini.

Manfaat Siku Kertas dalam Dunia Ekspedisi

Selain untuk memenuhi syarat ekspor, mengurangi benturan dan gesekan, paper angle juga memiliki beberapa manfaat lain seperti:

  • Menjamin keamanan suatu produk yang dikemas. Produk beserta kemasannya akan tetap presisi dan juga meminimalisir kerusakan pada tepi dan ujung kemasan.
  • Dengan menggunakan siku kertas proses penanganan dan juga pengemasan produk yang akan dikirim menjadi lebih cepat dan mudah. Sehingga kecepatan dan efektivitas pekerjaan juga lebih terjaga.
  • Mencegah terjadinya kerusakan strapping yang biasanya ditujukan untuk kebutuhan transit atau proses eksport.
  • Menghemat tempat pengiriman karena dengan penggunaan edge protector penataan barang bisa presisi dan maksimal.

Jenis-jenis Siku Kertas

Untuk menyesuaikaan dengan kebutuhan dan kemasan paket yang akan dilindungi, Anda bisa memilih jenis edge board sesuai kebutuhan. Inilah beberaa jenis edgeboard yang beredar di pasaran:

1. Tipe U

Siku kertas tipe U berbentuk huruf U siku kertas ini ringan dan memiliki fungsi utama sebagai penyerap guncangan. Sehingga dapat melindungi paket dari kerusakan, goresan dan gesekan tepi secara maksimal.

2. Siku Kertas Keliling

Siku kertas jenis keliling memiliki bentuk u atau V. Biasanya siku kertas model ini digunakan untuk melindungi kemasan yang berupa gulungan atau benda berbentuk bulat.

3. Multi Pemisah

Siku kertas jenis ini biasanya digunakan untuk pelindungan barang pipih tau berupa lembaran seperti jendela, pintu atau cermin.

4. Siku Kertas Berbagai Macam Warna

Siku kertas ini dibuat dengan berbagai warna dan cap. Dilengkapi juga dengan  logo, garis-garis peringatan bahkan pola panah penunjuk arah. Untuk siku kertas jenis ini terdapat pilihan dilengkapi dengan lapisan tahan air atau tanpa lapisan tahan air.

5. Puzzle

Siku kertas jenis puzzle berbentuk saling mengunci dengan erat untuk menjaga dan melindungi paket dari kerusakan selama pengiriman. Tipe ini juga merupakan jenis siku kertas yang memiliki perlindungan sudut paling baik saat pengiriman.

PT. Kemasindo Niaga Sentosa

Jika Anda sedag mencari produsen siku kertas untuk kebutuhan ekspedisi ataupun pengiriman, Anda bisa menggunakan siku kertas dari PT. Kemasindo Niaga Sentosa. Siku kertas yang diproduksi dibuat dengan bahan baku 100% hasil daur ulang. Berat dan juga hasilnya sudah sesuai spesifikasi dan standar siku kertas yang dibutuhkan untuk ekspedisi dan industri.

Baca juga: