Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu yang Berisik dengan Mudah

Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu yang Berisik

Rantai keteng merupakan sebuah komponen utama dari crankshaff dan diteruskan ke chamsaft yang terdapat pada kepala silinder sering mengalami masalah. Salah satu masalah yang di timbulkan oleh timing chain atau rantai keteng ini yaitu keluarnya suara yang berisik.

Biasanya, jenis sepeda motor yang kerap mengalami permasalahan seperti ini adalah motor Satria Fu. Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi tentang cara melakukan perbaikan atau mengatasi rantai keteng motor Satria Fu yang berisik.

Seperti yang sobat MAKEMAK.COM ketahui, bahwa chamsaft merupakan sebuah komponen yang memiliki peran sangat penting yaitu untuk mengatur beberapa klep yang ada di mesin. Klep sendiri terdiri dari dua bagian yakni klep In dan juga Ex pada ruang bakar atau kepala silinder.

Penyebab Rantai Keteng Cepat Rusak

Apabila rantai keteng mengalami kerusakan atau sudah tidak normal, maka sistem buka dan tutup pada klep akan mengakibatkan tidak stabil dan pada ruang pembakaran juga akan tidak normal. Bahkan dalam masalah seperti ini pada beberapa kasus dapat menyebabkan rantai keteng terputus.

Akibatnya, jika motor sedang melaju di atas kecepatan yang tinggi, maka secara otomatis mesin akan berhenti mendadak. Hal semacam ini tentu sangat bahaya, karena akan merusak gear box dan juga kepala silinder.

Sejalan dengan pemakaian yang begitu lama antara 3 hingga 5 tahun, komponen tersebut tentunya akan mengalami aus. Akan tetapi, dengan beberapa perlakuan dan kebiasaan yang salah akan menyebabkan motor juga akan mengalami terjadinya kerusakan yang lebih cepat.

Baca Juga: Keuntungan Membeli Mobil Bekas di Mobil88

Perlakuan dan perawatan yang telah dibahas di atas adalah suhu mesin yang kerap cepat panas melampaui standar pabrikan, putaran mesin yang sangat tinggi karena dipacu untuk balapan, hingga penggantian oli yang kerap kali terlambat.

Nah sobat, jika hal ini berlangsung maka rantai keteng akan kendor dan akan menimbulkan suara yang berisik dan bahkan hal tersebut akan mengakibatkan rantai keteng putus.

Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu yang Berisik

Untuk sobat yang ingin mengetahui masalah suara berisik yang ditimbulkan oleh motor Satria Fu tersebut, yaitu dari rantai keteng yang telah kendor. Guna memastikan hal tersebut, coba sobat panaskan motor Satria Fu di pagi hari kemudian dengarkan apakah ada suara yang berisik misalnya seperti bunyi tek.. tek.. tek..

Jika dalam waktu 5 – 10 menit suara tersebut sudah hilang, maka sistem pelumasan mesin motor sobat bermasalah. Artinya, kualitas oli yang sobat pakai pada motor Satria Fu yang sobat miliki tidak bagus, sehingga sobat harus mengganti secepatnya.

Namun, jika lebih dari 15 menit suara tersebut belum hilang, maka masalahnya ada pada rantai keteng atau tensionernya yang bermasalah. Untuk menghindari hal semacam itu, selain mengganti oli secara teratur motor Satria Fu sobat juga diharapkan jangan membawa beban yang melampaui kapasitas standar pabrikan.

Simak Juga: Daftar Harga Aki Basah dan Kering

Tak hanya itu, sobat juga harus gunakan teknik mengendara yang baik dan benar, terutama pada saat sobat melaju di jalanan yang menanjak dengan sudut kemiringan yang besar.

Selain rutin melakukan perawatan minimal setahun sekali, sobat juga dianjurkan untuk mengganti oli secara ritun dan berkala serta tepat waktu. Apabila sobat ragu untuk melakukannya, bawalah motor Satria Fu sobat ke bengkel resmi terdekat di rumah sobat.

Dan apabila motor sobat menggunakan tensioner, maka sobat harus memahami pada bagian tensionernya. Pengertian tensioner sendiri adalah alat untuk mengatur tingkat kekencangan rantai keteng.

Namun, apabila keduanya mengalami kerusakan atau aus, alangkah baiknya ganti rantai keteng maupun tensionernya dengan yang baru atau jika mengalami masalah cukup menyetel tensionernya saja.

Itulah sobat, penejlasan singkat terkait bagaimana cara mengatasi rantai keteng satria fu yang berisik. Semoga saja apa yang telah kami bagikan ini dapat memberikan manfaat untuk sobat MAKEMAK.COM pecinta sepeda motor dan otomotif secara umum.

Baca juga: