Loading...

Madu dan Lemon Lebih Efektif Sembuhkan Batuk Dibanding Obat Kimia

Madu dan Lemon Lebih Efektif Sembuhkan Batuk Dibanding Obat Kimia

MakEmak.comMadu dan Lemon Lebih Efektif Sembuhkan Batuk Dibanding Obat Kimia. Kebanyakan orang lebih memilih obat kimia pada saat batuk menyerang, namun ada pula sebagian kecil orang yang lebih memilih cara tradisional seperti minum perasan jeruk lemon dan madu.

Situs National Health Service (NHS) Inggris menuliskan, bahwa sebenarnya tidak banyak bukti ilmiah yang menjelaskan efektivitas obat batuk. Walaupun dalam obat batuk memang terdapat kandungan penurun demam atau mengatasi hidung tersumbat yang seringkali merupakan gejala yang mengikuti sakit batuk.

Dilansir laman Kompas, para ahli di NHS lebih merekomendasikan penggunaan obat tradisional seperti meminum madu dan air perasan jeruk lemon untuk mengurangi derita karena penyakit batuk.

“Tidak ada cara yang cepat untuk menyingkirkan batuk yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit seperti ini biasanya akan hilang setelah sistem imun melawan virusnya,” tulis para ahli di situs tersebut.

Penelitian yang sudah dilakukan dua tahun yang lalu itu juga mengungkapkan bahwa kebanyakan obat batuk populer tidak bekerja seperti yang diiklankan. Bahkan beberapa diantaranya mengandung gula terlalu banyak.

Wakil Royal College of General Practitioners, Dr.Tim Ballard, menyatakan bahwa “Bukti ilmiah di balik obat batuk sangat lemah dan tidak ada penelitian yang mengatakan obat tersebut dapat mengurangi durasi sakit,”

Para ahli juga menegaskan bahwa sebenarnya obat batuk tidak menyembuhkan batuk tapi membantu mengurangi gejalanya. Ketika terserang batuk yang perlu diketahui adalah mengenali gejala yang paling mengganggu dan memilih produk yang paling tepat.

Meski untuk batuk biasa lebih disarankan memakai bahan-bahan alami, tapi untuk batuk yang berlangsung cukup lama tetap direkomendasikan berobat ke dokter.

“Jika batuk bertahan lama, misalnya lebih dari seminggu, diderita anak, atau batuk mengeluarkan darah, menyebabkan napas sesak, atau disertai demam tinggi, segera periksakan ke dokter,” imbuhnya.

Baca juga: