Loading...


Operator Selular Berlomba-lomba Klaim Siap Gelar Layanan 4G LTE

Operator Selular Berlomba-lomba Klaim Siap Gelar Layanan 4G LTE

Advertisement

MakEmak.comOperator Selular Berlomba-lomba Klaim Siap Gelar Layanan 4G LTE. Sebenarnya layanan telekomunikasi berbasis teknologi frequency division duplexing long term evolution (FDD-LTE) alias 4G belum dapat digelar secara resmi. Hal ini dikarenakan belum adanya aturan dari pemerintah, oleh karena itu operator telekomunikasi masih terganjal untuk menyediakannya secara komersial ke semua pelanggan telekomunikasi.

Beberapa saat yang lalu, PT XL Axiata Tbk menggelar ujicoba layanan telekomunikasi berbasis FDD-LTE. Ujicoba ini disediakan secara terbatas oleh XL untuk pelanggan di beberapa lokasi yang tersebar di Jakarta supaya bisa menjajal keunggulan dan fungsi 4G. Demikian dilansir laman liputan6, Minggu (2/11/2014).

Public Relations Manager XL, Henry Wijayanto mengungkapkan “Kita buka ujicoba di beberapa lokasi sesuai yang diizinkan pemerintah. Tujuannya untuk membuat pelanggan bisa merasakan dan mengenal lebih baik fungsi serta kemampuan yang bisa dihadirkan 4G bagi mereka,”

Tak Hanya XL, PT Telkomsel pun mengaku pihaknya telah siap untuk mengadopsi teknologi 4G LTE secara luas bagi 139,3 juta pelanggannya di seluruh Indonesia. Tahapan ujicoba ini dilakukan untuk mengetahui kualitas dan kesiapan infrastruktur, dan sudah dicobakan beberpa kali.

Alex J. Sinaga selaku Direktur Utama Telkomsel mengatakan “Telkomsel sudah melewati masa trial 4G di tahun 2010 untuk Jakarta dan 2013 di Bali saat acara APEC. Hasil trial sudah dinyatakan berhasil dan sudah dilaporkan ke regulator, sementara ujicoba yang sudah dilakukan dirasa cukup,”

Dengan demikian baik XL maupun Telkomsel mengaku pihaknya telah siap mengadopsi teknologi 4G LTE secara komersial bagi seluruh pelanggannya di Indonesia. Namun, sedikit berbeda dengan XL yang kembali menggelar ujicoba 4G LTE di Jakarta, Telkomsel mengaku memilih fokus untuk hal lainnya.

“Saat ini Telkomsel sedang melakukan persiapan untuk dapat memenuhi ketentuan sesuai peraturan yang berlaku dalam hal implementasi komersial 4G. Kita sedang lakukan persiapan agar siap launching komersial ketika regulasinya tersedia,” lanjut Alex.

Baca juga: plesetan 4g