Tips Mencuci Pakaian yang Benar Menggunakan Deterjen Bubuk

Tips Mencuci Pakaian yang Benar Menggunakan Deterjen Bubuk

Mencuci pakaian memang terkesan sebagai jenis pekerjaan yang mudah. Meski demikian, sebagian besar orang nyatanya banyak yang melakukan kesalahan dalam ketika mencuci pakaian menggunakan deterjen bubuk. Hal ini bahkan dapat menyebabkan proses pembersihan menjadi kurang optimal. Untuk itu simak langkah-langkah mencuci pakaian dengan tepat disini.

Cara Mencuci Pakaian Dengan Tepat

1. Pisahkan Pakaian Sebelum Mencuci

Sebagian besar orang umumnya malas mencuci pakaian berkali-kali. Terlebih lagi jika anda termasuk orang dengan pekerjaan yang cukup padat. Sehingga proses pemisahan pakaian seringkali menjadi hal yang dihindari dan pakaian berwarna, pakaian gelap pun pakaian putih akhirnya tercampur jadi satu.

Padahal, proses pencampuran pakaian ketika mencuci bisa menyebabkan warna pakaian mudah luntur. Pakaian yang berwarna putih atau cerah pun sangat berisiko terkena campuran warna lain sehingga tampak kurang bagus. Untuk itu, yuk mulai biasakan mencuci pakaian dengan memisahkan warna putih dan gelap terlebih dahulu.

2. Larutkan Sabun Cuci Menggunakan Air

Berbicara cara mencuci mungkin akan menghasilkan berbagai jenis cara berbeda yang dilakukan oleh setiap orang. Padahal, penggunaan deterjen bubuk sebagai sabun cuci memiliki aturan tersendiri. Anda bahkan bisa melihat bagian tata cara pemakaian pada halaman belakang bungkus sabun.

Jika dijabarkan, cara menggunakan sabun bubuk yang baik dilakukan dengan melarutkan deterjen secukupnya. Pasalnya, anda bisa menuangkan sabun dan air pada ember yang disediakan sesuai dengan takarannya. Selanjutnya, campurkan sabun dan air tersebut menggunakan tangan agar cepat membentuk larutan. Jika perlu, anda bisa merendam pakaian 15-30 menit setelahnya.

3. Kucek Hingga Bersih

Dibandingkan dengan memanfaatkan mesin cuci, mencuci pakaian menggunakan tangan dapat menghasilkan pakaian yang lebih bersih dan terawat. Cara ini juga cukup hemat karena anda tidak perlu menggunakan tegangan listrik yang kuat ketika mencuci. Mencuci dengan cara mengucek juga mudah dilakukan.

Meski demikian, anda sebaiknya mengucek pakaian hingga bersih secara perlahan agar tidak merusak teksturnya. Cobalah fokus dengan noda yang terdapat pada setiap bagian pakaian menggunakan ujung jari atau sikat yang lembut. Anda juga bisa memanfaatkan sabun pemutih atau sitrus untuk menghilangkan noda yang membandel.

4. Bilas Dengan Air

Setelah itu, membilas pakaian yang sedang dicuci menggunakan deterjen bubuk juga tak kalah penting agar tidak menimbulkan bau setelah kering. Cara ini umumnya bisa dilakukan dengan mencelupkan pakaian pada ember berisi air bersih sambil dikucek secara perlahan agar busanya tertinggal. Tahapan pembilasan juga bisa dilakukan 2 kali agar tidak ada busa sabun yang masih menempel.

Olaif Powerful Cleaning Detergent Powder

Dengan mengikuti tahapan mencuci pakaian sebagaimana ulasan di atas, anda bisa mendapatkan pakaian bersih tanpa noda. Meski demikian, pemilihan deterjen sabun terbaik seperti olaif perlu dipertimbangkan agar bisa mencuci pakaian dengan optimal. Anda juga bisa langsung kunjungi website olaif.com atau menggunakan aplikasi olaif untuk melakukan pembelian online produk ini.

Baca juga: