adplus-dvertising

Mengenal Fungsi & Jenis Bahan Kubah Masjid yang Lazim Digunakan di Indonesia

Mengenal Fungsi dan Jenis Bahan Kubah Masjid yang Lazim Digunakan di Indonesia

Sudah sejak lama kubah digunakan untuk melengkapi bangunan sebuah masjid, khususnya di Indonesia. Ada berbagai jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat kubah masjid dengan harga yang beragam. Di mana harga kubah masjid per meter itu sangat dipengaruhi oleh jenis bahan yang digunakan, diameter dan tinggi kubah itu sendiri.

Kubah sejatinya bukan hanya sekedar bangunan tambahan ataupun hiasan pada sebuah masjid. Sebab, kubah masjid dewasa ini sudah menjelma menjadi salah satu bagian dari eksterior sekaligus merupakan ciri khas dari sebuah bangunan masjid.

Lebih dari itu, kubah masjid juga memiliki berbagai fungsi.

Apa Saja Fungsi Kubah Masjid?

Apa Saja Fungsi Kubah Masjid

Berikut ini merupakan beragam fungsi dari kubah masjid yang perlu Anda ketahui.

1. Menjadi Ciri Khas Masjid

Kubah masjid bisa menjadi penanda atau ciri khas dari sebuah bangunan masjid. Sudah sejak lama, kubah diidentikkan dengan ciri khas sebuah masjid. Maka tidak mengherankan jika masjid-masjid di tanah air banyak yang dilengkapi kubah sebagai bagian dari identitas serta ciri khas dari masjid tersebut.

2. Memudahkan Orang dalam Menemukan Masjid

Adanya kubah membuat orang yang sedang safar dapat menemukan masjid dengan mudah. Termasuk Anda mana kala tengah mengadakan perjalanan (safar) dan ingin melakukan sholat di masjid, maka Anda akan bisa mencari masjid dengan mengamati di mana keberadaan kubah masjid.

Kubah masjid merupakan bagian paling tinggi dari sebuah masjid sehingga umumnya dapat terlihat dari kejauhan.

3. Menentukan Arah Kiblat

Selain itu, kubah masjid juga akan memudahkan dalam menentukan arah kiblat, khususnya bagi jamaah yang bukan warga setempat. Misalnya ketika Anda berada di luar kota dan bingung mencari arah kiblat, maka Anda dapat memanfaatkan keberadaan kubah masjid. Sebab, kubah masjid biasanya akan dibangun ke arah kiblat.

4. Membantu Sirkulasi Udara & Pencahayaan

Fungsi kubah masjid yang selanjunya adalah membantu sirkulasi udara. Kubah masjid umumnya memiliki ukuran yang besar misalnya berbentuk setengah. Sehingga akan mampu memberikan ruang bagi udara untuk bersikulasi dengan lancar. Hal itu akan membuat para jamaah merasa lebih nyaman dan tidak gerah atau kepanasan saat berada di dalam masjid.

Selain itu, kubah masjid juga dapat berfungsi sebagai sumber pencahayaan. Seiring dengan perkembangan zaman, kubah masjid moderen rata-rata sudah dilengkapi dengan reflektor cahaya. Di samping itu, bagian dalam dari kubah masjid juga dilapisi dengan cat yang warnanya cerah, sehingga akan membuat ruangan di dalam masjid menjadi lebih terang.

Beragam Jenis Bahan Kubah Masjid

Beragam Jenis Bahan Kubah Masjid

Sejak dulu hingga sekarang, terdapat beragam bahan yang dapat digunakan untuk membuat kubah masjid. Berikut merupakan jenis bahan yang acap kali dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan kubah masjid.

1. Kubah Beton

Bahan yang pertama adalah beton. Kubah masjid zaman dahulu banyak yang dibuat dengan bahan dasar beton. Sebab, selain bahannya yang mash terbatas saat itu, beton juga dikenal sangat kokoh untuk kubah masjid.

2. Kubah GRC

Selanjutnya adalah GRC yang merupakan kepanjangan dari Glassfibre Reinforced Cement. GRC ini memiliki beberapa kelebihan yakni sangat kuat, kokoh, tahan panas dan karat.

3. Kubah Stainless

Bahan untuk membuat kubah masjid yang ketiga adalah stainless. Bahan ini sangat umum digunakan sebagai kubah masjid karena selain anti karat dan sangat kuat, tampilan juga mengkilap.

4. Kubah Galvalum

Galvalum saat ini juga sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kubah masjid. Keunggulan dari galvalum yakni sifatnya yang tahan terhadap panas ekstrim, memiliki daya rekat yang fleksibel, serta anti karat.

5. Kubah Enamel

Seiring dengan kemajuan zaman, enamel juga banyak digunakan untuk membuat masjid. Selain lebih ringan dan mudah dipasang, enamel mampu menghasilkan warna yang menarik, cerah, tajam dan mencolok. Selain itu juga anti karat dan anti bocor.

Itulah beberapa bahan yang umumnya digunakan untuk membuat kubah masjid. Dari sekian banyak bahan tersebut, belakangan ini galvalum dan enamel menjadi pilihan bagi banyak orang untuk membuat kubah masjid.

Terlebih lagi saat ini sudah banyak jasa pembuatan kubah masjid yang menggunakan kedua bahan tersebut. Salah satunya adalah PT. Anugerah Kubah Indonesia.

Adapun PT. Anugerah Kubah Indonesia ini sendiri merupakan perusahaan yang melayani pembuatan dan penjualan kubah masjid dari bahan galvalum dan enamel. Kubah masjid yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.

Dalam melayani para konsumennya, PT Anugerah Kubah Indonesia didukung dengan tenaga yang handal, profesional serta berpengalaman di bidangnya. Di website resminya yang beralamatkan di JualKubahMasjid.id, Anda dapat menggunakan kalkulator kubah untuk menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan kubah masjid, sehingga nantinya Anda bisa menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki.

Baca juga: