Penting Banget! Ini 3 Cara Merawat Bulu Anjing yang Lebat

Cara Merawat Bulu Anjing yang Lebat

Salah satu indikator yang menunjukkan tingkat kesehatan anjing adalah bulu. Ketika bulu anjing berubah warna menjadi kusam dan rontok, maka dapat dipastikan bahwa hewan peliharaan Anda itu berpenyakit dan tidak mendapatkan perawatan yang baik.

Jika Anda memiliki anjing dengan jenis bulu yang lebat seperti siberian huskies, alaskan malamutes, pomeranian, atau retriever, sebaiknya ikuti cara merawat bulu anjing yang lebat berikut ini.

1. Beri makanan yang bergizi seimbang

Cobalah konsultasikan dengan dokter hewan, makanan anjing apa dengan dosis berapa yang baik untuk anjing Anda. Biasanya ada beragam jenis merk makanan anjing yang memiliki kadar nutrisi yang berbeda. Jangan lupa pula berikan vitamin bulu anjing terbaik agar bulu lebatnya tetap sehat dan kuat.

2. Mandikan secara teratur

Cara merawat bulu anjing selanjutnya yakni memandikannya secara teratur. Jika kondisi anjing dalam keadaan baik dan tidak terlalu kotor, Anda bisa memandikannya sekali dalam 6 minggu. Tetapi, jika anjing Anda sering bermain kotor di pekarangan rumah sebaiknya mandikan ia setidaknya 1 kali dalam seminggu. Jangan lupa pula, gunakan sampo khusus yang telah direkomendasikan oleh dokter hewan.

3. Beri suplemen asam lemak omega

Asam lemak omega sangat bermanfaat sebagai antiinflamasi alami dan melindungi sel-sel yang berkembang di kulit anjing agar tetap sehat. Anda bisa mencari suplemen omega-6 atau memberinya minyak bunga matahari satu sendok makan pada anjing besar atau satu sendok teh pada anjing kecil.

Nah, itu dia tiga cara merawat bulu anjing yang lebat agar tetap sehat dan berkilau. Jika Anda ingin anjing kesayangan Anda bebas kutu, Anda bisa memberikan tablet kunyah NexGard dengan rasa daging yang disukai oleh banyak anjing. Tablet ini dapat dikonsumsi setiap satu bulan sekali dengan atau tanpa makanan.

Baca juga: