Truk Sebagai Pendukung UMKM

FAW Truk Kargo FB240CG Euro5

UMKM Indonesia berkontribusi hingga 60% PDB Indonesia di tahun 2020, dilansir dari publikasi bkpm.go.id. Angka ini menunjukkan pentingnya UMKM dalam roda perekonomian Indonesia. Kesuksesan dan ketahanan ekonomi Indonesia tidak dapat terlepas dari dukungan sektor UMKM Indonesia.

Di saat pandemi, saat sektor ekonomi dilanda gelombang yang cukup parah hingga menyebabkan banyaknya UMKM yang gulung tikar, hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan kepincangan hingga lumpuhnya roda supply dan demand perekonomian. Rantai pasokan yang terkendala hingga penyerapan produk yang lambat dapat menyebabkan guncangan ekonomi.

UMKM dalam menjalankan aktivitasnya tidak terlepas dari beberapa faktor penting yang dimana salah satunya adalah logistik, disamping warehouse, produksi dan lain sebagainya. Logistik yang lancar dan efektif sangat dibutuhkan agar jalur distribusi barang jadi maupun bahan baku tidak terkendala.Terkendalanya pendistribusian akan menyebabkan terhambatnya produksi , pengemasan dan lainnya yang tentunya akan berpengaruh kepada bisnis UMKM itu sendiri.

Banyak para pemain UMKM pada awalnya menggunakan mobil pick up kecil untuk logistik barang. Tetapi dengan seiring berkembangnya usaha, pertimbangan menggunakan truk sebagai wadah logistik utama dapat diperhitungkan. Hal ini dikarenakan penggunaan truk bersifat lebih ekonomis karena daya angkut dan ketahanan mesin.

Pemilihan truk sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku UMKM itu sendiri. Tetapi untuk usaha produksi kecil, type truk kargo bisa menjadi pilihan. Dengan hanya membeli truck headnya dan bodynya menggunakan jasa karoseri, membantu para pelaku UMKM mendapatkan truk sesuai kebutuhan. Jika produk yang dihasilkan pelaku UMKM berupa produk bahan makanan, maka kargo truk tertutup dapat dijadikan pilihan. Truk dengan bak terbuka cocok untuk logistik barang yang banyak dan dengan ukuran yang cukup besar.

Untuk pembelian truck head itu sendiri , pada saat ini telah banyak distributor dengan berbagai macam merk di Indonesia. Salah satunya adalah GM Mobil yang berpusat di Jakarta Barat. GM Mobil melalui situs resmi gmmobil.com menjual truk untuk berbagai kebutuhan industri.

FAW Truk Kargo FD290CG Euro5

Untuk truk penunjang bisnis UKM, GM Mobil menawarkan 5 type cargo truck. Tentu saja, kebutuhan setiap pelaku UMKM akan berbeda beda. GM Mobil dalam hal ini dapat membantu menyarankan cargo truck yang cocok sebagai investasi usaha para pelaku UMKM.

Selain masalah logistik, masih banyak faktor yang dibutuhkan para pelaku UMKM mengembangkan usahanya termasuk juga peningkatan keterampilan, keahlian manajerial, warehouse dan lain sebagainya. Bantuan pemerintah tentunya mengambil peran penting juga untuk tumbuh kembangnya UMKM Indonesia. Semoga dengan semakin kuatnya UMKM Indonesia, Indonesia dapat bangkit dari pandemi dengan lebih cepat dan lebih kuat.

Baca juga: