Ketahui Hand Pallet dan Kegunaannya Bagi Sektor Logistik!

Ketahui Hand Pallet dan Kegunaannya Bagi Sektor Logistik

Sektor logistik berhubungan erat dengan mobilisasi dan pemindahan barang yang cukup tinggi sehingga hand pallet menjadi alat wajib yang dibutuhkan dalam industri ini.

Sebab, alat yang memiliki bentuk dasar forklift ini sangat berguna untuk memudahkan dan meningkatkan efisiensi tugas manual khususnya di lingkungan gudang.

Memang bentuknya sederhana, apalagi versi manualnya. Namun secara garis besar, seluruh jenis alat ini yang bisa Anda dapatkan di pasaran kebanyakan memiliki material yang kokoh sehingga mampu mengangkat beban dan memindahkannya.

Namun apa sebenarnya hand pallet itu dan kenapa penting sekali digunakan untuk sektor logistik dan pergudangan? Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Mengenal Sekilas Alat Pengangkut Hand Pallet

Mengenal Sekilas Alat Pengangkut Hand Pallet

Sumber: asdar.id

Hand pallet atau pallet jack merupakan salah satu jenis peralatan alat mekanis sejenis dongkrak sederhana yang dirancang secara khusus untuk untuk mengangkat, mengakut, dan memindahkan sebuah barang terlebih dengan bobot berat dengan lebih mudah.

Sesuai juga dengan namanya, alat ini juga dapat dipindahkan dengan mendorong maupun menariknya menggunakan tuas yang telah tersedia secara mudah.

Oleh sebab itulah, jenis alat dengan desain yang sederhana ini hanya disarankan untuk memindahkan beban dengan jarak yang pendek dan terbatas seperti area gudang maupun produksi di pabrik.

Bagaimana Mesin Dongkrak Ini Bekerja?

Ada dua jenis palet dongkrak yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran saat ini, mulai dari manual hingga elektrik.

Walaupun sekilas tampak memiliki cara kerja serupa, keduanya tentu memiliki prinsip dasar yang lumayan berbeda.

 Manual (Tenaga Hidrolik)

Sesuai dengan namanya, jenis yang manual akan bekerja dengan pompa hidrolik untuk mengangkat dan menurunkan barang yang sudah ada di bagian forklift-nya.

Operator akan menggunakan pegangan untuk memompa sistem hidrolik, mengangkat barang dari tanah.

Barulah setelah itu, palet ini dipindahkan dengan mendorong atau menarik barang tersebut dengan tangan ke area yang dikehendaki.

Hal inilah yang membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk memindahkan muatan (barang) berukuran kecil hingga sedang untuk jarak pendek.

Tidak heran jika Anda juga biasa melihat alat ini banyak digunakan tidak hanya di daerah pergudangan saja tapi juga toko sembako besar maupun retail.

Sebab jenis alat manual ini dioperasikan dengan tangan, oleh karena itu penambahan beban yang berlebihan pada operator dan menyebabkan cedera jika tidak dioperasikan dengan hati-hati.

Listrik

Sedangkan, jenis elektrik ini menggunakan bantuan dari tenaga baterai yang dapat diisi ulang, sehingga lebih siap untuk memindahkan beban yang lebih berat.

Jelas hal ini akan memudahkan para operatornya karena mesin yang ada di dalam alat (motor) mampu untuk mengangkat beban dan memindahkannya dengan jauh lebih mudah.

Tentunya, pilihan elektrik ini jauh lebih efisien daripada menggunakan versi manual apalagi perbedaan harganya ternyata tidak terlalu signifikan.

Penggunaan dongkrak ini juga memudahkan operator untuk melakukan mobilitas di ruang terbatas walaupun dengan beban barang yang cukup besar.

Sebab, alat ini dilengkapi dengan tombol pengatur untuk kecepatan maju dan mundur serta kontrol untuk mengangkat maupun menurunkan barang.

Kenapa Anda Membutuhkan Hand Pallet?

Kenapa Anda Membutuhkan Hand Pallet

Sumber: servicehandpallet.com

Hand Pallet menjadi alat yang harusnya hampir tidak bisa dipisahkan dari sektor logistik terutama pergudangan. Sebab pada sektor-sektor inilah mobilitas pemindahan barang dengan berbagai macam bobot dilangsungkan.

Adanya alat ini tentu akan sangat membantu untuk memudahkan pekerjaan operator karena pemindahan dan pengangkutan barang terutama dalam ruang yang terbatas.

Apalagi, alat ini juga menawarkan banyak keuntungan sehingga layak untuk dimiliki supaya produktivitas bisnis Anda jadi semakin meningkat, beberapa diantaranya adalah:

1. Pilihan yang Relatif Lebih Murah

Jenis dongkrak seperti palet ini dinilai menjadi pilihan yang relatif lebih murah dibandingkan peralatan penanganan material lainnya.

Tentu ini akan menjadi pilihan yang lebih ekonomis saat butuh memindahkan barang yang agak berat dalam jarak yang dekat.

2. Mengurangi Resiko Kerusakan

Hadirnya bantuan dari alat ini juga sangat membantu untuk mengurangi resiko kerusakan barang. Sebab tenaga fisik yang digunakan juga tidak sebanyak saat mengangkat barang tersebut secara manual.

Selain itu, fitur yang tersedia pada palet ini juga akan membantu mengurangi resiko cedera karena ketegangan fisik pada operator yang bekerja.

Sebab mereka tidak perlu lagi membawa beban dari barang yang berat menggunakan tangan secara manual yang mungkin bisa meniban mereka.

3. Mudah Dioperasikan

Terakhir, alat ini juga mudah dioperasikan dan hanya membutuhkan pelatihan minimal bagi para operatornya sehingga dapat digunakan siapapun saat dibutuhkan.

Jadi palet ini dapat menjadi pilihan yang ideal untuk memindahkan barang yang membutuhkan sedikit orang dalam ruang yang terbatas seperti gudang.

4. Meningkatkan Produktivitas

Alat ini mampu untuk membantu para operator untuk bergerak dengan kecepatan lebih tinggi. Secara langsung kemampuan ini dapat membantu mereka menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat sehingga produktivitasnya meningkat.

Energi fisik yang dibutuhkan oleh para operator juga lebih sedikit sehingga efisiensi kerja dan pendapatan perusahaan juga akan meningkat secara keseluruhan.

5. Ukuran Alat yang Relatif Kecil

Terakhir, kelebihan hand pallet yang lainnya adalah ukuran alatnya yang  relatif kecil.  Ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal dan mudah digunakan saat berada di ruang sempit dan terbatas.

Ukuran yang kecil juga membuatnya lebih mudah untuk melewati ruang berliku yang mungkin tidak mungkin dapat dilakukan oleh forklift besar pada umumnya.

Nah itulah kegunaan hand pallet, cara alat tersebut bekerja dan keuntungan menggunakannya. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki bisnis pergudangan, alat ini menjadi sesuatu yang tidak boleh ikut tertinggal!

Baca juga: