Smart City: Strategi Awal Peningkatan Pariwisata dengan IoT Platform

Smart City Strategi Awal Peningkatan Pariwisata dengan IoT Platform

Siapa yang tidak tertarik untuk berwisata? Ya, semua orang pasti senang berwisata, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Dengan berwisata, Anda dapat menyegarkan pikiran kembali di tengah padatnya aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Anda juga dapat mengajak orang-orang tercinta untuk pergi ke obyek wisata yang menarik.

Indonesia memiliki beragam jenis objek wisata yang dapat Anda nikmati seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata religius dan masih banyak lagi. Wisata di Indonesia tidak hanya diminati oleh warga lokal saja, namun turis mancanegara pun banyak yang tertarik untuk berkunjung. Hal tersebut menjadi peluang dalam meningkatkan devisa negara. Sehingga di era ini, sektor pariwisata perlu memiliki strategi yang berbasis teknologi untuk dikembangkan agar dapat bergerak lebih baik.  Salah satu strategi pengembangan pariwisata adalah dengan Smart City.

Smart City merupakan konsep yang berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup warga dalam suatu daerah. Konsep ini memiliki 6 pilar utama yaitu smart governance, smart infrastructure, smart economy, smart living, smart people dan smart environtment. Dalam mewujudkan konsep Smart City, peran Internet of Things (IoT) sangatlah vital. Perangkat IoT berfungsi dalam mengirimkan pesan dan melakukan tindak lanjut melalui jaringan yang sedikit menggunakan campur tangan manusia. Hal tersebut menyebabkan sistem dapat berjalan secara otomatis dan memiliki keamanan yang lebih terjamin. Sehingga dengan penerapan Smart City, Anda dapat menciptakan inovasi guna mengembangkan setiap potensi wisata, baik dalam segi pengembangan infrastruktur hingga branding dalam mempromosikan destinasi wisata di suatu daerah.

Syarat Kawasan dapat Menjadi Smart City:

Terdapat beberapa syarat yang digunakan untuk suatu wilayah dapat disebut sebagai Smart City, yaitu:

  1. Memastikan pemangku kepentingan yang mengatur Smart City telah memiliki wawasan dan niat baik dengan berbagai upaya inovatif.
  2. Bekerjasama dengan berbagai pihak, baik itu pihak internal maupun eksternal.
  3. Suatu wilayah atau daerah telah memiliki keberanian untuk bertindak secara pro-inovatif serta kolaboratif.

Teknologi telah menjadi ujung tombak untuk mendorong nilai pariwisata daerah, khususnya di Indonesia. Diikuti dengan perkembangan dimana wisatawan sudah mulai bergeser ke arah digital yang terlihat dari aktivitas wisatawan mulai dari membuat perencanaan dan pre-on-post journey. Sebagai perusahaan yang berbasis teknologi, Telkom Indonesia menghadirkan produk Internet of Things (IoT) yang bernama IoT Platform Telkom untuk membantu Anda dalam menciptakan pengelolaan pariwisata unggul dengan menggunakan Smart City.

Baca juga: