Mesin Laser Coding Terbaik untuk Bisnis? Ini Jawabannya!

Mesin Laser Coding Terbaik untuk Bisnis Ini Jawabannya

Setiap tahun, dunia industri terus mengalami kemajuan salah satunya dengan kehadiran mesin laser coding (marking).

Mungkin banyak yang belum tahu jika mesin laser ini banyak digunakan dalam kegiatan industri untuk penandaan sebuah produk. Jadi tidak heran jika inovasi alat ini banyak digunakan pada usaha percetakan barang.

Tentunya, mesin laser ini menawarkan beragam kemudahan dibandingkan dengan metode manual dan mencetak tanda dalam benda yang ditentukan, yaitu efisiensi waktu dan tenaga.

Namun, mesin laser coding tentunya memiliki berbagai macam pilihan sehingga tentu harus disesuaikan fiturnya berdasarkan kebutuhan usaha. Supaya tidak semakin bingung, yuk simak ulasan lengkap mengenai mesin laser unik ini pada artikel di bawah ini!

Sekilas Tentang Kebutuhan Mesin Laser Coding

Sebagian besar usaha, terutama untuk skala sedang hingga besar biasanya akan mencetak produk secara masif dalam jumlah yang besar.

Tentunya, pada setiap produk yang dicetak ini memiliki penanda khusus (biasanya dalam bentuk kode) sehingga dapat dibedakan satu sama lain.

Oleh karena itulah, hadirnya mesin laser coding ini akan bekerja dengan bantuan cahaya dari laser dan akan membuat tanda khusus baik dalam bentuk grafis, huruf maupun pola tertentu sesuai dengan kehendak pengguna.

Bagaimana Mesin Laser Coding Memberikan Tanda Pada Sebuah Benda?

Bagaimana Mesin Laser Coding Memberikan Tanda Pada Sebuah Benda

Sumber: indiamart.com

Secara umum, mesin marking dengan metode laser ini akan bekerja dengan cara menandai (label) sebuah barang dengan memberikan sedikit perubahan pada bagian permukaannya.

Hal inilah yang membuatnya mampu menampilkan penanda baik dalam ranah fabrikasi maupun barang-barang dengan material metal dan logam yang tebal sekalipun.

Sekilas, cara kerja mesin laser coding ini hampir serupa dengan alat cutting maupun engraving.

Tentunya, karena fungsi utama dari laser coding adalah memberi penanda, maka hasil cuttingan tidak akan seefektif yang dilakukan oleh mesin pemotong.

Namun untuk kegiatan engraving (mengukir benda), laser coding tentu bisa menjalankan tugasnya dengan baik hanya saja hasilnya akan lebih tipis karena hanya dilakukan penggoresan pada bagian permukaannya saja.

Pilihan Metode Mesin Laser Coding

Pilihan Metode Mesin Laser Coding

Sumber: sltl.com

Jika Anda perhatikan, setiap produk yang ada dipasaran saat ini baik itu dari plastik botolan, logam, maupun alumunium seperti bungkus obat tidak terlepas dari pola ukiran maupun penandaan khusus pada bagian kemasannya.

Oleh sebab itu, setiap usaha maupun bisnis tentunya akan menghasilkan produk dari material kemasan yang berbeda sehingga mesin coding yang perlu digunakan juga tidak akan sama.

Sebagai gambaran, mesin laser coding di pasaran saat ini tersedia dengan beberapa jenis metode kerja yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri Anda. Beberapa opsi metode mesin laser coding yang dapat Anda pilih ini meliputi:

1. Metode Sinar Ultraviolet (UV)

Laser coding dengan memanfaatkan sinar UV ini didesain secara khusus untuk bekerja dengan cara memancarkan gelombang ultraviolet 355.

Pancaran sinar gelombang ini membuatnya mampu menembus dan melakukan marking untuk berbagai jenis material mulai dari plastik, kaca dan juga bahan keramik.

2. Metode Fiber

Metode pengerjaan penandaan selanjutnya yang dimiliki oleh laser coding ini juga bisa dilakukan dengan teknologi fiber.

Mesin laser dengan metode ini paling lumrah digunakan banyak industri saat ini karena dapat melakukan engraving dengan sempurna bahkan di material yang sangat keras seperti logam dan alumunium.

3. Metode Karbon (CO2)

Berbeda dengan metode coding lainnya, penandaan dengan cara karbon ini dilakukan menggunakan tabung tertutup.

Metode ini dapat dengan mudah diaplikasikan pada berbagai permukaan benda non logam mulai dari material pecah belah seperti kaca dan keramik hingga kayu. Jadi, mesin ini dapat digunakan untuk penandaan berbagai souvenir dan hadiah dalam jumlah yang besar.

Selain itu, mesin CO2 ini juga mampu memberikan penandaan menggunakan pancaran gelombang 10.600 nm pada bahan-bahan yang lembut seperti kain jika dibutuhkan.

Namun siapa sangka jika metode carbon ini juga mampu memberikan tanda untuk barcode dan nomor seri pada berbagai produk-produk usaha dan bisnis di pasaran saat ini.

Cari Mesin Laser Bermutu? Tentu Ci-Tech Solusinya!

Memang, saat ini telah hadir berbagai merek mesin laser penandaan untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda. Namun, salah satu brand yang paling banyak direkomendasikan adalah Ci-Tech.

Ci-Tech merupakan brand di bawah naungan perusahaan produsen mesin laser terkemuka di Indonesia yaitu PT Maju Bersama Multitekindo yang telah hadir dan memenuhi kebutuhan bahan usaha sejak tahun 2000 silam.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan permintaan pasar, Ci-Tech telah menghadirkan berbagai pilihan mesin laser yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa kebutuhan ini meliputi adopsi mesin laser dengan metode Co2 dari glass dan metal tube sehingga memiliki presisi yang lebih tinggi dengan biaya perawatan yang tidak besar.

Selain itu, Ci-Tech juga menawarkan laser Moulding repair yang sangat berguna untuk industri otomotif dan elektronik. Di mana umumnya pada industri ini kebutuhan utama penandaan (marking) terletak pada material beratnya dari besi maupun tembaga.

Terakhir, Ci-Tech bahkan juga menawarkan pilihan mesin laser khusus untuk perhiasan. Perhiasan sendiri umumnya membutuhkan jenis laser khusus untuk penandaan karena objek utamanya mudah rapuh oleh tekanan yang tinggi sehingga harus lebih berhati-hati.

Semua mesin yang ditawarkan ini tentunya sudah menggunakan sinar yang telah diperkuat dengan panjang gelombang yang tepat sehingga mampu untuk memberikan marking pada sebuah permukaan benda yang dikehendaki dengan cepat dan efisien.

Baca juga: