Loading...

Inilah Penyebab Wanita Makan Lebih Banyak Menjelang Menstruasi

Inilah Penyebab Wanita Makan Lebih Banyak Menjelang Menstruasi

MakEmak.comInilah Penyebab Wanita Makan Lebih Banyak Menjelang Menstruasi. Saat sedang hamil kebanyakan wanita mengalami kondisi mengidam, dimana wanita menginginkan jenis makanan tertentu. Tetapi tanpa disadari sesungguhnya kondisi ini tidak hanya dialami wanita pada saat hamil saja, melainkan juga saat mendekati menstruasi.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Baylor, AS. Saat mendekati menstruasi kebanyakan wanita mengalami kondisi ngidam, yaitu menginginkan berbagai jenis makanan. Hal ini terjadi karena tepat sebelum periode menstruasi datang, tubu mengalami penurunan hormon estrogen hingga level terendah. Demikian dilansir laman Kompas, Kamis (9/10/2014).

pengarang buku Answers to Appetite Control, James Greenblatt, M.D, menyatakan “Banyak wanita melaporkan mereka mengalami peningkatan keinginan untuk makan, khususnya makanan mengandung karbohidrat, gula, dan garam. Keinginan itu biasanya terjadi sebelum menstruasi,”

Greenblatt juga memaparkan sebuah penelitian lainnya yang mengungkap kaitan antara rendahnya level hormon estrogen, hormon progesteron, dan keinginan untuk melahap makanan lebih banyak. Ternyata, saat kedua hormon tersebut berada di level terendah menjadikan meningkatnya nafsu makan.

Guna menghindari kondisi ini, Lisa Oldson yang merupakan seorang dokter spesialis obesitas mengungkapkan, agar tidak banyak memakan makanan yang mengandung banyak estrogen. Sebab, terlalu banyak asupan estrogen dalam tubuh akan meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker rahim.

Oldson juga memberikan masukan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat menjelang menstruasi, yaitu mencakup jenis karbohidrat olahan. “Biskuit, cookies, roti, dan nasi putih, jangan dikonsumsi saat level estrogen rendah atau saat menjelang menstruasi. Makanan berkarbohidrat ini akan membuat energi sedikit membludak sesaat setelah dimakan dan cepat membuat Anda kembali lapar,” terangnya.

Sebuah kutipan dari Daily Make Over memaparkan, jenis makanan yang disarankan untuk Anda konsumsi adalah buah-buahan, sayuran, dan gandum. Selain makanan kaya vitamin dan mineral mengonsumsi makanan yang tinggi lemak sehat, seperti ikan, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun, terbukti dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca juga: