Loading...

Cara Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

Memiliki anak bagi pasangan tentunya sangat membahagiakan apalagi bagi anda yang baru memiliki anak, untuk anak yang pertama sangatlah wajar bila bunda kurang paham dalam merawat bayi, oleh karena itu penting untuk mengetahui beberapa hal terkait perawatan bayi agar buah mendapatkan yang terbaik mulai dari cara perawatan memandikan bayi, memilih sabun mandi cair bayi yang tepat, mengganti popok dan lain sebagainya. Itu semua bukan perkara yang sulit jika sudah menjadi kebiasaan. Bayi yang baru lahir pastinya memiliki kulit yang sensitif yang kadang-kadang terlihat kemerahan namun hal tersebut bukanlah hal yang membahayakan hanya saja jika tidak dilakukan penanganan yang tepat akan menimbulkan beberapa risiko seperti ruam pada beberapa bagian yang membuat bayi menjadi lebih sering nangis.

Bagi bunda yang pertama kali mengurus buah hati dan belum begitu mengetahui bagaimana caranya tenang saja, bunda bisa mempelajari beberapa cara dalam merawat bayi dengan kulit yang sensitif diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

1. Mandi teratur

Mandikanlah bayi anda dengan teratur, tidak usah setiap hari cukup 3 kali dalam seminggu dengan menggunakan air yang hangatnya cukup bukan air panas. Sebagai gantinya di hari yang tidak dimandikan, anda bisa mengelapnya dengan menggunakan tisu basah yang khusus untuk bayi.

2. Sering mengganti popok

Jangan biarkan bayi anda menggunakan popok dengan lebih lama karena popok yang sudah terkena air kencing bayi akan lebih lembab dan membuat kulit bayi lebih mudah ruam. Gunakan popok yang pas agar tidak terjadi gesekan pada kulitnya.

3. Oleskan cream pada bagian tertentu

Biasanya jika terlanjur kulit bayi ruam atau lecet pada bagian selangkangan maka anda bisa menggunakan diaper cream bayi pada area yang ruam tersebut, ini sebagai penghalang agar basahnya air kencing tidak langsung mengena pada kulit.

Itulah beberapa cara merawat kulit bayi yang sensitif, oleh karena itu jangan khawatir ya bunda, atasi segera dengan penanganan yang tepat.

Baca juga: