Loading...

Apple-1, Komputer Generasi Pertama Apple Laku Rp 10 Miliar

Apple-1, Komputer Generasi Pertama Apple Laku Rp 10 Miliar

MakEMAK.com – Apple-1, Komputer Generasi Pertama Apple Laku Rp 10 Miliar. Tersiar kabar yang menyebutkan bahwa Apple-1, komputer generasi pertama Apple sukses terjual dengan harga USD 905 ribu atau sekitar Rp 10,8 miliar (USD 1 = Rp 12.000) dalam sebuah lelang di New York, Amerika Serikat.

Dilansir laman detikINET, Kamis (23/10/2014), pembelinya adalah organisasi Henry Ford, yang berencana untuk memajang komputer tersebut di museumnya yang terletak di Dearborn, Michigan.

Particia Mooradian, presiden organisasi Henry Ford menyatakan bahwa kompiter Apple-1 ini tak cuma inovatif, namun merupakan kunci utama dalam revolusi digital.

Pelelangnya adalah rumah lelang Bonhams, yang tak menyangka bahwa Apple-1 akan laku semahal itu. Mereka sebelumnya memperkirakan bahwa komputer tersebut akan laku di rentang harga USD 300-500 ribu.

Apple-1 adalah satu dari 50 komputer pertama buatan Apple yang dirakit sendiri oleh Steve Wozniak di garasi milik keluarga Steve Jobs pada tahun 1976.

Awalnya tak banyak orang yang berniat membeli Apple-1 hingga Paul Terrell, seorang pemilik toko elektronik, memesan 50 unit komputer itu, dan menjualnya dengan harga USD 666. Setelah itu barulah Jobs dan Wozniak memulai produksi 150 unit Apple-1 generasi kedua.

Pada tahun 2012, ada juga sebuah Apple-1 yang dilelang, dan laku dengan harga USD 374 ribu. Perlu diingat, kedua komputer yang laku dengan harga sangat mahal tersebut masih bisa beroperasi secara normal.

Tags: ,
Baca juga: