Mendirikan Bisnis Franchise (Waralaba) adalah Keputusan yang Hebat, Benarkah?!

Mendirikan Bisnis Franchise Waralaba adalah Keputusan yang Hebat

Dewasa ini bisnis franchise atau waralaba sudah sedemikian berkembang begitu pesatnya. Banyak dijumpai waralaba-waralaba baru di berbagai bidang, terutama dalam kategori makanan dan minuman. Bisa jadi sobat adalah salah satu pelaku bisnis franchise, atau pengusaha yang akan menuju ke arah bisnis waralaba.

Untuk pengembangan wirausaha, waralaba adalah salah satu sistem pengembangan yang baik. Karena, sobat bisa menghemat biaya, tenaga, dan waktu. Tetapi ada beberapa hal yang perlu sobat pertimbangkan untuk mengembangkan usaha sobat menjadi bisnis waralaba.

Pertama, usaha sobat memiliki peminat yang cukup banyak. Kedua, produk barang ataupun jasa yang dijual memiliki originalitas atau keaslian karya maupun kreativitas. Ketiga, memiliki sistem manajemen yang profesional. Keempat, mampu menangkap peluang usaha.

Mendirikan waralaba memang merupakan langkah yang sangat menguntungkan, tetapi sobat sebagai pemilik usaha tidak bisa menyepelekan profesionalitas sebagai pebisnis. Ketika memutuskan untuk memperluas usaha, berarti sobat mulai beranjak dari pebisnis kecil menjadi pebisnis besar.

Simak Juga: Kemudahan dan Keuntungan Mendirikan PT untuk Bisnis Anda

Hal-hal yang sering menyebabkan pebisnis waralaba jatuh atau gulung tikar disebabkan kurang siapnya pengusaha melakukan up-grade diri menyangkut kemampuan dan sistem kerja.

Mendirikan Bisnis Franchise (Waralaba)

Apabila sobat sudah mempersiapkan segala sesuatunya, sobat kemudian bisa mendapatkan merk dagang sobat pada Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), dimana melalui asosiasi ini yang kemudian menyeleksi dan menentukan apakah perusahaan sobat sudah layak untuk menjadi franchisor.

Pihak AFI juga akan melatih dan membimbing perusahaan yang sekiranya dianggap memiliki cikal bakal untuk berkembang menjadi usaha waralaba.

Jadi, sebagai langkah berani dalam melebarkan sayap, mendirikan waralaba merupakan keputusan bisnis yang sangat hebat. Tetapi perlu digarisbawahi, seperti mengembangkan usaha pada umumnya, sobat pun perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang dan profesional.

Tanpa penyesuaian diri, niscaya sobat akan menemui kesulitan untuk bersaing di pasar yang semakin luas dan tangguh. Layaknya anak yang naik kelas, setiap level tentu memiliki tingkat kesulitan yang menyesuaikan tingkatan level. Semakin tinggi level, berarti semakin banyak tantangan atau rintangan yang harus dihadapi dan dicarikan solusi terbaiknya.

Demikian pula mendirikan waralaba, semakin banyak franchisee yang sobat naungi, berarti semakin banyak perusahaan yang perlu diperhatikan dan dikontrol demi menjaga nama baik merk dagang yang sobat miliki.

Baca juga: