12 Tips Membeli Rumah untuk Hunian Keluarga bagi Pasangan Muda

Tips Membeli Rumah untuk Hunian Keluarga bagi Pasangan Muda

Bagi sobat pasangan muda, memiliki rumah sendiri adalah impian yang sangat besar. Namun demikian, membeli rumah yang tepat sebagai tempat tinggal sekaligus hunian keluarga bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan sembarangan atau asal-asalan.

Apalagi bagi pasangan muda yang belum memiliki pengalaman dalam membeli rumah, atau dengan kata lain hendak membeli rumah pertama. Tentu saja akan banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dihitung secara matang. Mulai dari harga, lokasi, desain, lingkungan sekitarnya serta hal-hal lainnya yang perlu untuk dipertimbangkan.

Tips Membeli Rumah

Lantas, hal-hal apa saja kah yang harus sobat pertimbangkan sebelum membeli rumah?

1. Sesuaikan Kebutuhan

Ada baiknya jika sobat membuat dahulu daftar atau poin-poin yang sobat butuhkan dari rumah yang akan sobat huni nantinya. Sobat bisa membahasnya dengan pasangan mengenai jumlah kamar yang dibutuhkan, desain seperti apa yang diinginkan, perlu tidaknya memiliki garasi mobil serta taman atau lahan untuk berkebun, budget yang tersedia, hingga ada tidaknya rencana renovasi di masa mendatang.

Dari hasil diskusi tersebut, sobat akan memiliki gambaran yang jelas sehingga lebih mudah dalam memilih dan memilah tipe dan jenis rumah yang akan dibeli.

2. Harga yang Cocok

Setelah sobat mendapatkan gambaran yang jelas, maka langkah selanjutnya sobat bisa mulai “berburu” dan men-survei ke beberapa tempat sesuai dengan budget dan harga yang sobat inginkan.

Selain melakukannya secara offline, sobat juga bisa melihat-lihat rumah di website jual beli rumah secara online. Dari hasil survey tersebut, sobat akan mendapatkan pilihan-pilihan rumah yang sekiranya cocok dengan kebutuhan dan budget yang sobat miliki.

3. Gunakan Agen Properti

Jika sobat tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan survey, maka sobat bisa memanfaatkan jasa atau agen properti. Melalui jasa tersebut, sobat akan dicarikan rumah hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Hanya jasa, ada budget khusus yang harus sobat persiapkan jika memutuskan untuk menggunakan jasa agen properti semacam ini.

4. Tipe Rumah Sederhana

Memilih tipe rumah sederhana adalah sebuah langkah yang tepat bagi pasangan muda. Apalagi jika budget yang dimiliki tidak mencukupi untuk mmebeli rumah mewah. Ditambah lagi ini adalah rumah pertama yang hendak sobat beli.

Rumah sederhana jelas akan memiliki harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan rumah mewah.

5. Lokasi dan Akses

Hal penting lainnya yang tidak boleh sobat remehkan adalah lokasi rumah dan akses serta kemudahan yang nantinya akan mempengaruhi harganya. Sebagai gambaran, rumah yang dekat denagn pusat kota tentu saja akan memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah yang berada di pinggiran kota.

Pasalnya, rumah yang terletak di pinggiran kota akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika hendak menuju kota serta belanja ke mal. Sementara itu, jika sobat membeli rumah di pusat kota, sobat akan mudah kemana-mana, termasuk kemudahan dalam mengakses moda transportasi umum.

6. Lingkungan Sekitar

Sobat juga harus mempertimbangkan bagaimana kondisi dan suasana lingkungan di sekitar rumah yang akan sobat beli. Hindari kawasan yang rawan dilanda banjir, serta lingkungan yang kurang aman seperti banyaknya kasus pencurian dan pembegalan misalnya.

Selain itu, sobat juga perlu mengecek bagaimana kesehatan dan kebersihan di sekitarnya, termasuk sistem drainase, selokan dan pembuangan sampah rumah tangga.

7. Spesifikasi Material Bangunan

Saat sobat mengecek rumah yang hendak dibeli, jangan ragu untuk menanyakan jenis material yang digunakan. Meskipun penting, hal semacam ini sering kali dilupakan oleh banyak orang. Dengan bahan material bangunan yang bagus, tentu saja rumah tersebut akan lebih kokoh dan awet serta tidak mudah rusak komponen rumahnya.

8. Fasilitas di Dekat Rumah

Ketika hendak membeli rumah, jangan lupa sobat amati juga fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di dekat rumah tersebut. Jika rumah tersebut dekat dengan ATM, supermarket, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya, tentu saja hal ini akan menjadi nilai plus.

9. Desain Rumah

Salah satu pertimbangan seseorang dalam membeli rumah adalah desain dari ruamh itu sendiri. Bagaimanapun juga, desain rumah terkadang merupakan cerminan dari kepribadian serat karakteristik pemiliknya.

Maka tidak ada salahnya jika sobat memilih desain yang tepat sesuai yang sobat idamkan. Karena rumah tersebut nantinya akan digunakan sebagai hunian keluarga, maka pilih desain dengan hati-hati agar tidak menyesal nantinya.

10. Hunian yang Baru Launching

Bukan rahasia lagi jika rumah hunian yang baru launching ketika ada event pameran properti, pada umumnya akan menawarkan harga yang lebih murah, memberikan diskon ataupun cash back.

Nah, momen seperti ini bisa sobat manfaatkan untuk mendapatkan rumah impian dengan harga yang lebih terjangkau. Tentu saja harus sobat sesuaikan dengan budget dan kebutuhan yang sudah sobat diskusikan bersama pasangan.

11. Membeli Tunai

Jika tabungan sobat sudah cukup, maka membeli rumah secara tunai adalah sebuah langkah yang sangat bijak dan tepat. Selain tidak perlu lagi dipusingkan dengan cicilan, sobat juga bisa mendapatkan harga rumah yang jauh lebih murah jika dibeli dengan tunai.

12. Perabotan & Furniture

Jika sobat hendak membeli rumah yang belum ada isinya, maka sobat juga harus merencanakan pengeluaran untuk aneka perabotan dan furniture. Dalam mempersiapkannya, sobat bisa melakukan secara bertahap dimulai dari yang terpenting, misalnya kursi dan meja tamu, tempat tidur, peralatan dapur dan perabotan lainnya yang paling dibutuhkan.

Demikianlah sedikit uraian mengenai hal-hal yang perlu sobat pertimbangkan sebelum membeli rumah untuk hunian keluarga. Jika sobat sudah yakin untuk memiliki rumah, maka sobat bisa membelinya secara langsung ataupun melalui situs jual beli hunian secara online.

Baca juga: