Tips Memilih Genset Sesuai dengan Kebutuhan

Panduan Memilih Kapasitas Generator Set yang Tepat

Genset atau dikenal sebagai generator set merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan listrik dalam berbagai kapasitas secara cepat. Genset banyak dipilih oleh industri ataupun perusahaan untuk menghasilkan listrik ketika ada masalah supply listrik dari PLN ataupun karena lokasi industri yang berada di pedalaman. Terkait tips untuk memilih kapasitas genset sendiri bisa Anda cek di website https://sewatama.com/sewa-genset-kapasitas-besar-atau-kecil/.

Panduan Memilih Kapasitas Generator Set yang Tepat

Memilih kapasitas generator set tentu tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kapasitas generator set yang terlalu besar melebihi kapasitas yang dibutuhkan tentu akan sangat merugikan keuangan. Sementara kapasitas genset terlalu kecil dari kapasitas yang dibutuhkan akan membuat genset tidak dapat bekerja maksimal. Berikut adalah panduan memilih kapasitas generator set yang tepat:

1. Perhitungkan Besaran Beban Daya Listrik

Sebagai sebuah perusahaan ataupun industri yang membutuhkan kapasitas listrik dalam jumlah sedang hingga besar, Anda sebaiknya menghitung secara teliti berapa beban daya listrik operasional perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi secara normal. Setelah total beban daya listrik Anda perhitungkan baik untuk operasi normal hingga operasi beban puncak, Anda harus menghitung besaran kapasitas genset yang dibutuhkan sebesar 30% lebih banyak dari total beban pemakaian listrik.

Tujuan penambahan 30% dari total beban daya listrik yang dibutuhkan adalah untuk menghindari terjadinya penambahan beban daya listrik secara mendadak. Selain itu, tidak selamanya generator set dapat menghasilkan output daya secara maksimal sehingga harus diberi selisih sekitar 30%.

2. Pemilihan Bahan Bakar

Bahan bakar yang digunakan pada generator set harus dipertimbangkan dengan cermat. Masing – masing bahan bakar memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui. Sejauh ini terdapat setidaknya tiga pilihan bahan bakar utama yakni solar, gas serta kombinasi keduanya. Bahan bakar gas menghasilkan emisi yang lebih sedikit ketimbang solar sehingga jauh lebih aman.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan sumber daya listrik, Sewatama telah menyediakan berbagai kebutuhan listrik industri dalam negeri hingga lebih dari 20 tahun. Sewatama power service solution terus meningkatkan pelayanan dengan menambah keterjangkauan penyediaan sumber daya listrik hingga ke pelosok negeri.

Baca juga: