Pentingkah Keberadaan Gearbox Kapal? Ini Ulasannya!

Pentingkah Keberadaan Gearbox Kapal Ini Ulasannya

Bagi dunia permesinan dan kelautan, keberadaan gearbox kapal menjadi hal yang hampir tidak bisa dipisahkan lagi.

Komponen mekanis ini memiliki fungsi penting untuk mengirimkan daya dari mesin utama kapal ke baling-baling sehingga kapal dapat bergerak.

Jadi, secara khusus mesin ini akan bertanggung jawab untuk mengurangi kecepatan mesin berdaya tinggi ke kecepatan rendah yang dibutuhkan oleh baling-baling

Memang kenapa keberadaan mesin ini dinilai cukup krusial bagi kinerja kapal dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Peranan Gearbox Kapal dalam Bidang Kelautan

Peranan Gearbox Kapal dalam Bidang Kelautan

Sumber: maritimepage.com

Secara umum, baik kapal maupun mobil keduanya memiliki cara kerja yang hampir serupa untuk bisa bergerak dan melakukan mobilitas. Akan tetapi, untuk melakukan transmisi di darat dan di air tentu membutuhkan alat yang berbeda.

Bila Gearbox mobil memiliki ciri khas kisaran 5 hingga 8 gigi, bahkan truk dapat mencapai 12. Alat ini bertujuan untuk mengatur persneling pada mobil adalah supaya mengatasi berbagai kondisi kerja dan meningkatkan efisiensi kerja mesin.

Fungsi tersebut juga sama dengan Gearbox kapal. Namun secara fisik, alat ini tidak memiliki banyak gigi seperti yang biasa Anda temukan pada mobil. Hanya ada  satu gigi mundur.

Lalu apa peranannya dalam bidang kelautan dan permesinan sehingga menjadikannya alat krusial yang wajib ada di dalam kendaraan tersebut? Ini list lengkapnya!

1. Mengurangi Kecepatan Mesin

Gearbox merupakan hal krusial yang tidak bisa dipisahkan dari kesatuan kapal. Salah satu fungsi utamanya yaitu memperlambat atau mengurangi kecepatan mesin.

Secara umum, semakin rendah kecepatan putar dan semakin besar diameter baling-baling kapal, maka semakin tinggi efisiensi propulsi atau sistem penggeraknya.

Jadi, Gearbox kapal ini akan bekerja secara khusus untuk mengurangi kecepatan engine sambil mempertahankan kecepatan baling-baling yang diinginkan.

Hal ini akan sangat membantu untuk mengurangi keausan mesin dan meningkatkan umur nya sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lama dengan kinerja optimal.

2. Mentransmisikan Gaya Dorong Baling-Baling

Selanjutnya, mesin ini  juga penting ada di dalam kapal karena berfungsi untuk mengontrol kecepatan baling-baling dengan mentransmisikan gaya dorongnya.

Putaran baling-baling kapal ini digerakkan oleh mesin utama untuk menghasilkan gaya dorong, yang kemudian diteruskan ke bantalan dorong melalui poros penggerak.

Barulah setelah itu, gaya dorong ditransmisikan ke kapal melalui bantalan dorong agar kapal bisa bergerak maju ke depan.

Oleh karena itulah, kehadiran gearbox ini memungkinkan operator kapal untuk mengontrol kecepatan baling-baling dan membantu mengoptimalkan kinerja kapal dalam berbagai kondisi.

3. Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Mesin

Gearbox kapal juga berfungsi untuk meningkatkan efisiensi sistem propulsi (penggerak) kapal yang memungkinkan mesin untuk beroperasi pada kecepatan optimal sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar.

4. Meningkatkan Kemampuan Manuver Kapal

Adanya mesin ini juga emungkinkan operator kapal untuk mengubah kecepatan baling-baling. Tentu secara otomatis, kemampuan manuver kapal akan semakin meningkat dan memungkinkannya untuk bernavigasi melalui ruang sempit atau kondisi sulit.

Bagaimana Gearbox Kapal Bekerja?

Bagaimana Gearbox Kapal Bekerja

Sumber: kumera.com

Gearbox kapal bekerja dengan menggunakan sistem transmisi yang digunakan di kapal untuk mentransfer daya dari mesin ke baling-baling.

Jadi, kecepatan dan torsi mesin dapat berubah ke tingkat yang diperlukan untuk menggerakkan baling-baling.

Di dalam gearbox, poros input menggerakkan satu set roda gigi, yang akan membantu menggerakkan poros output. Poros ini dihubungkan ke baling-baling melalui poros penggerak sehingga transfer daya ke baling-baling dapat dilakukan.

Set roda gigi ini dapat dipindahkan supaya bisa menyesuaikan putaran mesin dan torsi agar sesuai dengan kecepatan baling-baling dan output daya yang diinginkan.

Roda gigi ini biasanya diaktifkan dan dinonaktifkan menggunakan kontrol hidrolik atau listrik, yang dioperasikan oleh awak kapal.

Apa Jadinya Bila Gearbox Kapal Rusak?

Saking pentingnya gearbox di dalam kapal tentu akan menimbulkan masalah jika mesin tersebut mengalami kerusakan sehingga harus dilakukan pengecekan secara berkala.

Apabila mesin ini rusak, maka akan menyebabkan masalah serius pada sistem penggerak dan kemudi kapal.

Ditambah, fungsi utama dari gearbox kapal adalah mentransmisikan daya supaya baling-baling bisa bergerak. Saat alat ini mengalami kerusakan maka baling-baling tidak dapat bekerja seperti biasanya.

Jelas hal ini akan meningkatkan bahaya tenggelam atau resiko terhadap keselamatan awak kapal karena kapal sudah tidak mampu untuk bergerak lagi.

Apabila memang dirasa alat ini mulai mengalami gejala kerusakan, maka awak di dalamnya mungkin perlu mengambil tindakan darurat seperti meninggalkan kapal atau meminta bantuan segera dari kapal lain di daerah tersebut.

Oleh karena itulah, penting untuk melakukan pemeliharaan preventif dan inspeksi rutin dapat membantu mengurangi risiko kerusakan kotak roda gigi di kapal.

Selain itu, sangat penting juga untuk memiliki anggota kru kapal yang berpengalaman dan terlatih supaya bisa dengan cepat mengidentifikasi dan menanggapi setiap masalah yang muncul.

Cari Gearbox Kapal Berkualitas? CV Daiho Mesin Jawabannya!

Dalam rangka mengurangi kerusakan, risiko dan masalah yang mungkin terjadi karena gearbox kapal maka penting untuk memilih mesin ini di vendor yang sudah terjamin kualitasnya.

Salah satu vendor yang secara khusus menyediakan beragam mesin gearbox yang berkualitas ini adalah CV Daiho Mesin.

Apalagi, ada beragam jenis mesin yang bisa Anda temukan di vendor ini sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan tipe mesin, ukuran kapal dan juga baling-balingnya.

Sebab, memilih vendor gearbox yang berkualitas dan terpercaya adalah investasi terbaik untuk kinerja dan keselamatan pada kapal Anda.

Baca juga: