adplus-dvertising

6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu dengan Bahan Alami

Jika tubuh sobat menghasilkan bau tidak sedap, maka sobat membutuhkan cara ampuh untuk menghilangkan bau ketiak. Dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, ketiak merupakan bagian yang paling berpotensi menghasilkan keringat berbau tidak sedap.

Bau ketiak selain dapat menurunkan rasa percaya diri, juga akan mengganggu orang-orang di sekitar. Terlebih lagi jika sobat termasuk orang yang aktif bergerak dan sering berinteraksi dengan orang lain. Tentu saja masalah bau ketiak yang menyengat ini bisa membuat sobat jengkel.

Cara Alami Menghilangkan Bau Ketiak

Untuk itu sobat bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasi bau ketiak dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1. Daun Kemangi

Daun kemangi dapat sobat gunakan untuk menghilangkan bau ketiak yang menyengat. Hal ini disebabkan karena kandungan minyak atsiri dalam daun kemangi yang diyakini mampu mengatasi bau ketiak ada dalam kemangi.

Caranya cukup mudah, sobat hanya perlu mengonsumsinya sebagai lalapan setiap pagi dan sore. Sobat juga bisa menjadikannya sebagai teh. Caranya yakni dengan mengeringkan daun kemangi. Selanjutnya sobat tumbuk sampai halus, lalu dibuat minuman teh dengan menyeduhnya dan disaring. Minum teh daun kemangi ini secara rutin dua kali sehari (pagi dan sore).

Selain dapat menghilangkan bau ketiak, daun kemangi jugamemiliki khasiat sebagai antiseptik.

2. Daun Sirih

Tidak hanya daun kemangi, ternyata daun sirih juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami penghilang bau ketiak. Caranya mudah dilakukan. Pertama-tama sobat ambil beberapa lembar daun sirih, lalu sobat rebus menggunakan 2 gelas air. Masukkan air rebusan tersebut ke dalam bak mandi lalu gunakan untuk mandi. Dengan melakukannya secara rutin, maka bau ketiak sobat yang menyengat dan mengganggu akan bisa diatasi.

3. Daun Beluntas

Saiap sangka jika daun beluntas juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bau ketiak? Daun dari tanaman kecil yang biasanya tumbuh liar di pinggir pantai ini memiliki kandungan yang berguna bagi tubuh manusia. Mulai dari minyak atsiri, vitamin A, vitamin C, alkaloid, fosfor, kalsium, natrium, falovonoid, tanin, magnesium, lemak, hingga asam amino.

Untuk mengatasi bau ketiak dengan daun beluntas, sobat bisa melakukannya dengan meminum air rebusan beluntas. Lakukan hal ini secara rutin dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Bunga Kecombrang

Seperti halnya daun sirih, bunga kecombrang ternyata juga banyak mengandung antioksidan dan senyawa lainnya yang baik untuk tubuh khususnya dalam mengatasi masalah bau ketiak. Mulai dari polifenol, antimikroba, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, vitamin, mineral, hingga saponin, dan fenolik.

Sobat hanya perlu menumbuk beberapa batang dan bunga kecombrang, lalu memakainya sebagai sabun untuk mandi.

5. Temulawak

Cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan temulawak. Pasalnya, temulawak kaya akan kandungan minyak atsiri dan kandungan lainnya mulai dari sapomin hingga flavoinoida yang sangat membantu dalam mengatasi bau ketiak.

Jika sobat ingin mencobanya, sobat hanya perlu meminum air perasan temulawak secara rutin. Pertama-tama, sobat parut temulawak lalu tambahkan air sambil diperas. Agar rasanya lebih bersahabat di lidah, sobat bisa menambahkan madu.

6. Jahe

Meminum wedang jahe secara rutin ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan bau ketiak. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki kandungan berupa minyak atsiri yang berrkhsiat untuk mengatasi bau badan yang tidak sedap.

Demikianlah beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk menghilangkan bau ketiak, yakni dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar sobat.

Baca juga: