5 Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami, Murah dan Mudah Dilakukan

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Murah Mudah Dilakukan

Tuhan menciptakan manusia dengan berbagai jenis rambut yang berbeda-beda. Mulai dari rambut lurus, ikal, keriting, bergelombang dan sebagainya. Namun dewasa ini, seolah rambut lurus adalah sebuah tren kekinian yang menjadi impian banyak orang.

Pasalnya, tren rambut lurus tidak akan pernah lekang oleh waktu. Maka tidak mengherankan jika banyak orang menginginkan untuk memiliki rambut lurus. Apalagi bagi kaum hawa, rambut yang lurus akan mendukung penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rambut lurus, sekalioun sobat memiliki rambut ikal atau keriting. Salah satu yang populer adalah dengan melakukan perawatan di salon kecantikan, misalnya dengan smoothing ataupun rebonding. Di mana upaya meluruskan rambut semacam ini dapat merusak rambut dan memicu munculnya gangguan kesehatan pada rambut dan kulit kepala.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Dari situ muncul lah tips bagaimana cara meluruskan rambut secara alami yang diyakini lebih aman untuk kesehatan rambut. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat sobat manfaatkan untuk meluruskan rambut.

1. Minyak Jojoba

Minyak jojoba biasanya dimanfaatkan untuk proses pijat. Namun tahukah sobat jika faktanya, minyak jojoba atau jojoba oil juga dapat digunakan untuk meluruskan rambut. Dan sobat tidak lagi perlu bersusah payah, karena kini sudah tersedia sampo dan conditioner TRESemmé Keratin Smooth. Dimana di dalamnya terkandung jojoba oil, argan oil, vitamin E, dan keratin yang dapat membuat rambut sobat lebih lurus, sehat dan lembut serta berkilau.

2. Santan dan Jus Lemon

Selain dengan minyak jojoba, sobat juga bisa menggunakan campuran snatan dan jus lemon untuk meluruskan rambut. Kamu perlu menyiapkan dan satu sendok makan lemon yang sudah diperas. Caranya adalah dengan mecampurkan seperempat gelas santan dengan satu sendok makan jus lemon, lalu aduk hingga merata. Selanjutnya diamkan campuran tersebut semalaman.

Kemudian di pagi hari, sobat bisa mulai menggunakannya dengan cara mengoleskan campuran tersebut dari akar hingga ujung ujung rambut, dan biarkan selama 30 menit. Selanjutnya, bilas rambut sobat dengan air dingin dan keramas seperti biasanya.

3. Susu

Bahan alami selanjutnya yang dapat sobat gunakan untuk meluruskan rambut adalah susu. Hal ini disebabkan karena susu mengandung banyak protein yang dapat membantu dalam mengendalikan rambut kusut, serta membuat rambut sobat nampak lebih lurus.

Caranya cukup mudah untuk dilakukan. Pertama-tama sobat tuangkan seperempat susu ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan susu tersebut ke arah rambut dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya, bilas rambut sobat hingga bersih dengan air dingin, dan keramas seperti biasanya.

4. Telur dan Minyak Zaitun

Kombinasi telur dan minyak zaitun tidak hanya dapat meluruskan rambut, namun juga melembutkannya. Pasalnya, di dalam telur terkandung protein yang dapat membantu dalam menghaluskan rambut. Sementara itu, minyak zaitun dapat digunakan sebagai kondisioner rambut yang baik untuk kesehatan rambut.

Jika sobat ingin mencobanya, maka sobat perlu mencampurkan 2 telur utuh dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Kemudian kocok bahan-bahan tersebut hingga merata dan tercampur dengan baik. Untuk penggunaannya sendiri, sobat tinggal mengoleskannya ke rambut, dan diamkan selama 1 jam. Akhiri dengan membilasnya dan keramas menggunakan sampo hingga bersih.

Lakukan perawatan dengan bahan alami ini secara teratur untuk mendapatkan rambut yang sehat, lurus dan lembut.

5. Lidah Buaya dan Minyak Kelapa

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah membantu dalam meluruskan rambut secara alami. Di dalam lidah buaya terkandung enzim yang dapat menjaga kesehatan rambut.

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama-tama sobat panaskan seperempat cangkir minyak kelapa, lalu campurkan dengan gel lidah buaya. Selanjutnya sobat aduk campuran tersebut hingga benar-benar merata.

Oleskan pada rambut sobat dan biarkan hingga 40 menit. Selesaikan dengan membilasnya dan keramas menggunakan sampo hingga bersih. Lakukan seminggu sekali, untuk mendapatkan rambut lurus sehat alami.

Semoga dengan beberapa tips di atas, sobat dapat membuat rambut lebih lurus, lembut dan sehat alami.