Loading...

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dengan Pola Hidup Sehat

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Mungkin diantara sobat pengunjung website makemak.com ini ada yang mengalami gangguan karang gigi. Ingin mencari solusi terbaik untuk mengatasi karang gigi namun masih ragu apakah harus ke dokter. Bisa saja karena sobat merasa takut jika harus memeriksakan gigi ke dokter gigi. Maka sobat bisa mencoba tips di halaman ini sebagai solusi atau cara menghilangkan karang gigi.

Namun ada baiknya jika sobat pahami terlebih dahulu apakah karang gigi itu, apa saja penyebabnya dan berbagai dampak buruk karang gigi bagi kesehatan mulut.

Pengertian Karang Gigi

Tahukah sobat, jika karang gigi adalah plak yang telah mengeras pada bagian gigi. Namun demikian karang gigi atau dikenal juga dengan sebutan kalkulus gigi juga dapat muncul dari bawah gusi serta berpotensi menimbulkan iritasi pada gusi. Karang gigi yang dibiarkan saja akan menyebabkan area bagi plak untuk berkembang semakin meluas sehingga dapat membuat permukaan menjadi lebih lengket. Hal semacam ini jika tidak segera diatasi dan dibairkan berlarut-larut dapat memicu terjadinya penyakit gigi yang lebih mengerikan, misalnya adalah radang gusi.

Tentu saja hal ini akan merugikan sobat. Karena selain menjadikan mulut bau dan terasa kurang nyaman, karang gigi juga bisa merusak penampilan sobat sehingga hal tersebut akan dapat mengurangi rasa percaya diri. Sobat menjadi merasa malu, dan teman sobat pun merasa kurang nyaman berada di dekat sobat.

Penyebab Terjadinya Karang Gigi

Lantas apa sebenarnya yang menjadi baing penyebab munculnya karang gigi itu? Karang gigi biasanya terjadi karena adanya sisa-sisa makanan yang tertinggal, mengendap begitu lama di gigi dan tidak segera dibersihkan. Akibatnya sisa makanan tersebut semakin menumpuk dan lama-lama akan berubah menjadi karang gigi. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka karang gigi yang terbentuk akan semakin mengeras akibat adanya air liur yang mengandung mineral.

Efek Buruk Karang Gigi

Karang gigi sebisa mungkin segera sobat atasi. Berikut ini dampak buruk jika karang gigi dibiarkan dalam waktu lama, antara lain:

1. Bau Mulut.

Seperti yang telah disebutkan di depan, bahwa karang gigi terjadi akibat adanya sisa makanan yang terakumulasi dan menempel pada gigi. Karang gigi dalam waktu lama akan menyebabkan bau mulut yang aromanya tidak sedap. Tentu saja hal ini dapat mengurangi rasa percaya diri sobat.

2. Radang Gusi.

Gigi yang kotor atau terdapat karang gigi dapat mengakibatkan gusi mudah terinfeksi. Nah sobat, perlu diketahui bahwa pada saat gusi terinfeksi dan kemudian berdarah maka akan memicu munculnya benjolan bernanah pada gusi. Tentu saja hal ini akan membuat mulut terasa sangat tidak nyaman.

3. Gigi Berlubang.

Karang gigi yang dibairkan berlarut-larut dalam jangka panjang dapat mengakibatkan gigi keropos. Hal ini disebabkan karena karang gigi menghasilkan zat asam yang dapat merusak email gigi. Perlu sobat pahami bahwa email gigi adalah bagian terkeras dari gigi yang berada di lapisan paling luar gigi. Tergerusnya email gigi akan membuat gigi semakin keropos, dan akhirnya gigi pun berlubang.

4. Periodontitis.

Radang gusi yang semakin parah akan membuat jaringan lunak dan tulang penyangga gigi menjadi rusak. Jika hal ini dibiarkan maka gigi akan mudah tanggal.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Sobat bisa mencegah dan mengatasi terjadinya karang gigi secara alami dengan membiasakan pola hidup sehat. Berikut adalah cara agar karang gigi bisa dihindari atau minimal karang gigi tidak semakin menjadi-jadi.

1. Rajin Menggosok Gigi

Sobat perlu membiasakan menggosok gigi lebih dari dua kali sehari. Dan ketika menggosok gigi paling tidak itu dilakukan selama 2 menit, agar gigi sobat benar-benar telah bersih dari sisa makanan yang tertinggal di mulut.

2. Menggunakan Pasta Gigi dengan Fluoride

Pastikan sobat memakai pasta gigi yang mengandung fluoride, agar gigi sobat lebih bersih karena fluoride akan membaut plak agar tidak berkembang. Selain itu, sobat juga bisa memanfaatkan pasta gigi yang mengandung triclosan pyrophosphates, dan zinc citrate agar noda warna kekuningan dan plak gigi dapat dihilangkan.

3. Flossing

Flossing adalah sebuah cara untuk membersihkan gigi menggunakan benang khusus untuk gigi. Jika sobat melakuakn hal ini maka plak yang ada di sela-sela gigi dapat dijangkau dan dibersihkan lebih mudah, cepat dan efektif.

4. Menggunakan Mouthwash

Sobat juga dapat menggunakan mouthwash untuk perlindungan ekstra pada gigi selain menggosok gigi.

5. Kurangi Makanan Manis

Sobat juga perlu mengurangi asupan makanan ataupun minuman manis yang dapat membuat karang gigi semakin parah atau sekedar untuk pencegahan terjadinya karang gigi.

6. Stop Merokok

Jika sobat adalah seorang perokok, ada baiknya mulai dipertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Karena zat yang terkandung dalam rokok disamping bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit kanker paru-paru, juga dapat memicu munculnya karang gigi. Adapun karang gigi yang disebabkan oleh rokok, ternyata lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan karang gigi yang ditimbulkan oleh sisa-sisa makanan.

Baca juga: