Loading...

Mengupas Bagaimana Fakta Cara Membersihkan Luka

Bagaimana Fakta Cara Membersihkan Luka

Pada umumnya luka akibat goresan dan juga akibat terbakar memiliki potensi infeksi yang cukup besar jika tidak ditangani dengan serius, banyak Cara cepat menyembuhkan luka salah satunya dengan Membersihkan luka, terutama luka kecil yang sering dialami sehari-hari, memang tidak sulit. Kebiasaan populer yang dilakukan banyak orang ketika tergores atau teriris pisau adalah dengan mengisap lukanya atau mencucinya dengan air, sebelum dipakaikan plester.

Tapi, apakah langkah tersebut sudah tepat? Selain itu, kebanyakan orang hanya peduli bagaimana caranya supaya lukanya cepat kering, namun tidak memikirkan bagaimana dampak jangka panjangnya. Padahal, membersihkan luka adalah tahapan yang sangat penting dalam mencegah infeksi.

Membersihkan Luka Cukup Menggunakan Air Panas?

Banyak orang Indonesia yang memilih membersihkan luka menggunakan air panas. Memang benar, air panas bisa mematikan bakteri, tapi tidak aman untuk kulit. Pasalnya, air panas bisa menimbulkan iritasi di kulit. Besar kemungkinannya, akan timbul luka melepuh di sekitar luka awal. Jadi, akhirnya muncul luka baru.

Luka Lebih Baik Jangan Ditutup, Dibuka Saja Supaya Cepat Kering?

Mitos ini juga tersebar luas di masyarakat. Banyak orang yang memilih untuk tidak menutup luka dengan plester, alasannya karena ingin cepat kering. Bahkan, tidak hanya beredar di kalangan masyarakat, Padahal sebenarnya, sejak tahun 1962 sudah ada penelitian yang dilakukan untuk mencoba melihat, apakah jika luka dibuka akan lebih cepat sembuh ketimbang ditutup. Hasilnya, luka yang ditutup jauh lebih cepat sembuhnya. Penelitian dengan hasil yang serupa juga dilakukan beberapa kali setelah penelitian pertama. Cara cepat menyembuhkan luka yaitu dengan tertutup, karena Jika luka dibiarkan terbuka, otomatis bakteri lebih bebas masuk ke luka dan mengontaminasinya.

Selain itu, luka itu tidak boleh kering atau pun basah, harus lembab. Jadi, lebih baik luka ditutup atau diplester, supaya lembab dan tidak ada bakteri masuk yang bisa mengganggu proses penyembuhan. Anda bisa cek di laman https://www.guesehat.com/ untuk berbagai informasi dan juga tips seputar kesehatan.

Baca juga: