6 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Mengembang dan Kusut

Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kusut

Sobat mungkin pernah mengalami memiliki rambut yang mengembang (frizzy) dan terlihat berantakan. Rambut yang mengembang, kering, kusam dan mudah kusut biasanya akan cukup mengganggu dan sulit ketika diatur. Jika sobat mengalami hal semacam ini, maka sobat membutuhkan cara agar rambut mengembang menjadi lurus sehingga sobat tidak lagi kesulitan dalam mengaturnya.

Sejatinya ada berbagai cara untuk mengatasi rambut mengembang yang bisa sobat coba. Namun sebelum sobat memutuskan untuk mencari cara yang benar-benar ampuh, ada baiknya jika sobat cari tahu dahulu apa saja penyebab rambut menjadi kering dan mengembang.

Perlu sobat ketahui bahwa pada umumnya, rambut mengembang dapat terjadi ketika kutikula rambut terangkat ke atas atau terbuka. Akibatnya rambut akan menjadi mengembang dan mudah kusut. Beberapa hal yang bisa memicu terjadinya hal semacam ini adalah akibat paparan polusi, sinar matahari yang berlebihan, sering menggunakan alat pemanas dan pengering rambut, serta mewarnai rambut dan sebagainya.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kusut

Beberapa cara dapat sobat lakukan untuk membuat rambut yang kusut dan mengembang agar menjadi lebih lurus, lembut dan mudah diatur.

1. Gunakan Shampo untuk Melembutkan Rambut

Cara ampuh dan efektif yang pertama dalam mengatasi masalah rambut mengembang adalah dengan menggunakan shampo untuk melembutkan rambut. Dengan melembutkan rambut, maka rambut sobat akan lebih jatuh dan tidak mengembang. Selain itu, rambut juga akan nampak lebih lurus, sehat dan mudah diatur. Untuk hasil terbaik, sobat bisa mencoba menggunakan TRESemmé Keratin Smooth Shampoo.

2. Jangan Lupakan Conditioner

Cara selanjutnya guna mengatasi rambut mengembang dan kusut adalah dengan menggunakan conditioner. Sobat bisa mempercayakannya kepada TRESemmé Keratin Smooth Conditioner.

Secara sederhana, conditioner berfungsi untuk melembabkan rambut secara optimal. Dengan menggunakan conditioner secara rutin, maka rambut sobat akan nampak lembut dan halus (smooth) serta lebih lurus.

Namun perlu sobat perhatikan, ketika menggunakan conditioner jangan sampai mengenai akar rambut dan kulit kepala karena hal itu bisa menyebabkan rambut mudah lepek.

3. Gunakan Vitamin Rambut

Vitamin bisa menjadi salah satu solusi ampuh dalam mengatasi rambut mengembang. Vitamin rambut dapat sobat gunakan sehabis keramas, yakni ketika rambut sudah dalam keadaan 3/4 kering.

Pastikan sobat memilih vitamin rambut yang mengandung minyak alami. Pasalnya, minyak alami bermanfaat dapat menutrisi serta melembabkan rambut secara maksimal.

4. Hindari Mengeringkan Rambut Saat Masih Basah

Ketika sobat selesai keramas, jangan serta-merta langsung sobat keringkan dengan hair dryer. Pasalnya udara panas menyembur ke rambut basah dapat menyebabkan rambut menjadi mengembang dan kusut. Sobat disarankan untuk mengeringkan rambut secara alami dengan diangin-anginkan karena cara ini adalah yang paling aman untuk rambut sobat.

5. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Ada kalanya rambut justru menjadi mudah kusut sehabis keramas. Alhasil rambut akan menjadi rapuh dan mengembang ketika sudah kering. Pada kasus semacam ini, sobat bisa mengakalinya dengan menyisir dan merapikan rambut terlebih dahulu sebelum sobat keramas.

6. Aplikasikan Masker Rambut Seminggu Sekali

Salah satu penyebab rambut sobat menjadi kusut dan mengembang adalah karena rambut sobat kurang nutrisi dan terlalu kering. Selain menggunakan shampo dan conditioner yang tepat, sobat juga disarankan untuk menggunakan masker rambut seminggu sekali untuk menjinakkan masalah rambut kering, kusut dan mengembang.

Demikianlah informasi yang dapat kami hadirkan terkait bagaimana cara mengatasi rambut mengembang agar menjadi lebih lurus, lembut dan mudah diatur. Semoga dengan cara-cara di atas, rambut sobat yang kering dan mengembang akan menjadi lebih sehat, lembut, berkilau dan mudah diatur.

Baca juga: