Empat Cara Mudah Menghindari Dehidrasi

Empat Cara Mudah Menghindari Dehidrasi

MakEmak.comEmpat Cara Mudah Menghindari Dehidrasi. Sekitar 80 persen tubuh manusia terdiri dari air maka tidak heran jika tubuh tidak akan mampu hidup tanpa air. Bahkan ketika melakukan puasa kebutuhan air dalam tubuh akan tetap sama dengan saat kita tidak berpuasa.

Oleh sebab itulah sangat penting untuk menjaga tubuh kita agas tidah dehidrasi atau kondisi kekurangan cairan dalam tubuh. Hal utama yang harus dilakukan agar tidak dehidrasi adalah menjaga asupan cairan atau minum dalam jumlah cukup
Dilansir laman Vemale, Rabu (23/10/2014), berikut adalah cara mudah menjaga asupan cairan agar tubuh terhindar dari dehidrasi:

  1. Usahakan minum 1 gelas air sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Hal ini karena saat tidur, tubuh kita menggunakan banyak air untuk proses pernafasan dan juga penstabilan suhu badan. Maka seringkali setelah bangun kita merasa sangat haus.
  2. Menakar berapa banyak air yang sudah diminum juga penting, hal ini dapat dilakukan dengan cara menghitung berapa gelas, atau minum dengan botol yang ukurantua sudah paten. * gelas atau 2 liter adalah jumlah minimal yang harus diminum seseorang
  3. Pahami bahasa tubuh Anda , jika Anda merasa ingin makan lagi padahal sudah makan banyak, maka itu artinya Anda haus. Jika Anda ingin mengurangi asupan makanan karena diet, akan lebih baik juga jika diawali dengan minum segelas air sebelum benar-benar makan sesuatu.
  4. Makan atau minum makanan dan minuman yang kaya air seperti semangka,pear, jeruk dan lainnya, jika bosan minum air putih dapat disiasati pula dengan pembuatan infuse water

Semakin bertambah usia seseorang, makan jumlaah asupanya harus ditambah, karena seiring bertambahnya usia kebutuhan airpun semakin bertambah.

Baca juga: