6 Cara untuk Menghilangkan Noda Kuning di Baju Berwarna dengan Mudah

Cara untuk Menghilangkan Noda Kuning di Baju Berwarna

Apakah Anda mengalami noda kekuningan pada bagian kerah ataupun bagian ketiak pada baju Anda? Seringkali noda kuning ini sangat mengganggu penampilan. Padahal secara umum baju masih bagus dan sangat layak dipakai.

Masalah selanjutnya, noda kuning pada baju berwarna ini terkadang bisa ini sangat sulit untuk dihilangkan. Bahkan meskipun sudah lama dikucek juga tidak membuat noda tersebut hilang. Sebelum kita bahas cara untuk menghilangkan noda kuning di baju berwarna, ada baiknya jika kita ketahui dahulu penyebabnya.

Penyebab Munculnya Noda Kuning di Baju

Umumnya, orang mengira noda kuning tersebut berasal dari keringat. Padahal keringat adalah cairan bening yang tidak berwarna. Namun pendapat semacam itu tidak juga sepenuhnya salah. Pasalnya, di dalam keringat terkandung residu garam, protein dan juga minyak yang berasal dari sisa metabolisme tubuh.

Sebenarnya, residu garam dan kandungan lain dalam keringat inilah, yang jika dibiarkan mengering terlalu lama akan menimbulkan bercak-bercak noda yang melekat pada bagian kerah dan ketiak.

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa noda ini hanya muncul pada bagian kerah dan ketiak? Sementara bagian punggung juga sering terkena keringat namun tidak terdapat noda kuning.

Alasan mengapa noda kuning ini muncul pada bagian kerah dan ketiak bukan pada bagian punggung, sebab keringat pada bagian punggng cenderung lebih cepat kering, karena bagiannya terbuka dan juga tidak terlipat.

Selain itu, biasanya Anda menggunakan parfum dan deodorant pada bagian ketiak dan leher. Parfum dan deordoran kemungkinan memiliki kandungan aluminium yang jika bereaksi dengan garam yang terkandung dalam keringat akan meninggalkan noda berwarna kekuningan pada baju yang Anda kenakan.

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Berwarna

Jika sudah ada baju berwarna Anda yang terdapat noda kuning membandel, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Deterjen yang Tepat

Gunakan detergen yang di rancang untuk membersihkan noda membandel seperti noda kuning pada baju berwarna. Misalnya saja produk berkaulitas seperti Rinso. Pilih detergen yang berbentuk cair, kemudian oleskan langsung pada bagian noda. Diamkan selama 30 menit kemudian kucek dan bilas. Setelah hilang Anda dapat megulang dengan mencuci seperti biasa.

2. Cuka

Gunakan cuka makan dengan cara mencampur 3 sdm cuka makan dengan 3 sdm air. Kemudian semprotkan ke bagian noda, diamkan beberapa saat, setelahnya sikat hingga bersih dan cuci dengan deterjen seperti biasa.

3. Baking Soda

Baking soda memang terkenal ampuh untuk membersihkan berbagai jenis noda. Caranya dengan mencampurkan 1 sdm baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada bagian noda deodoran, setelah dioles merata Anda bisa langsung menyikat dengan sikat gigi atau sikat cuci baju.

4. Garam

Campurkan 3 sendok makan garam dengan air hangat hingga larut. Untuk noda membandel Anda bisa menambahkan cuka atau perasan lemon kedalam larutan garam. Kemudian, rendam bagian baju yang terkena noda deodoran. Kucek hingga bersih, dan bilas. Setelahnya cuci seperti biasa dengan detergen.

5. Lemon

Cara menghilangkan noda dengan lemon adalah menyiram bagian bernoda dengan perasan air lemon, kemudian kucek. Jika masih ada sisa noda taburkan garam kemudian kucek kembali. Jika sudah bersih maka cucilah seperti biasa menggunakan detergen.

6. Kombinasi Garam & Soda Kue

Untuk cara kombinasi ini, sebaiknya menggunakan garam kasar. Gosok bagian bernda dengan garam kasar selama beberapa saat, jika dirasa noda mulai terangkat taburkan soda kue untuk mengikat noda. Diamkan semalaman. Saat pagi kucek kembali hingga bersih kemudian bilas dan cuci kembali seperti biasa.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan noda kuning pada baju berwarna.

Baca juga: