Loading...

Ini Sosok Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

Ini Sosok Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

MakEmak.comIni Sosok Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Siti Nurbaya Bakar adalah Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang menangani bidang otonomi daerah. Saat ini ditunjuk sebagai Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup dalam Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Yang ditetapkan di halaman Istana Merdeka pada hari Minggu (26/10/2014).

Siti Nurbaya Bakar lahir di Jakarta, 28 Juli 1965. Mengenyam pendidikan S1 di Institut Pertanian Bogor pada tahun 1975 – 1979. Dilanjutkan dengan studi pasca sarjana di Belanda dengan mengambil konsentrasi International Institute for Aerospace Survey and Earth Sciences (ITC), Enschede, Belanda.

Siti merupakan salah satu perempuan berprestasi ia pernah menjadi PNS teladan pada tahun 2004. Ia juga dinobatkan sebagai 99 perempuan paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Globe Asia pada tahun 2007.

Dilansir laman TribunNews, Minggu (26/10/2014) wanita yang aktif menjadi dosen di IPB dan pembina lembaga swadaya masyarakat ini pernah menerima Bintang Jasa Utama dari Presiden pada tahun 2011 serta Satya Lencana Karya Satya XXX tahun 2010.

Baca juga:

Siti Nurbaya adalah seorang birokrat tulen. Ia sudah malang melintang 30 tahun lebih di jajaran pemerintahan, di daerah maupun di pusat. Mengawali karir di Bappeda Pemerintah Provinsi Lampung pada 1981.

Pada tahun 1998, ia pindah ke Jakarta dan masuk Departemen Dalam Negeri. Di kementerian tersebut, ia diangkat menjadi Sekretaris Jenderal (2001-2005). Pada 2006, ia direkrut menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Setelah sekian lama di dunia birokrasi pada tahun 2013 Siti memutuskan ‘pensiun’ dan terjun ke dunia politik, dan menambatkan diri pada partai Nasional Demokrat (NasDem). Nama Siti Nurbaya belakangan menjadi tenar karena ia disebut-sebut sebagai kandidat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN).

Baca juga: