adplus-dvertising

Jenis-Jenis Kabel Tray Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Perlindungan Kabel

Jenis Jenis Kabel Tray Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Perlindungan Kabel

Jenis kabel tray apa yang harus digunakan untuk menjalankan utama tray cable sistem? Jenis cable tray yang dapat dipilih adalah  ladder, ventilated trough, atau solid bottom cable tray. Apa alasan Anda untuk memilih jenis kabel tray tertentu? Insinyur atau perancang harus memilih jenis kabel tray yang memiliki fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek. Untuk beberapa jenis instalasi, biasanya jenis single conductor cableand kabel tipe MV dipasang pada ventilated through atau ladder cable tray. Kabel-kabel tersebut tidak boleh dipasang pada solid bottom cable tray. Ladder dan  ventilated through cable tray biasanya juga dipasang pada lokasi berbahaya. Sedangkan, solid bottom cable tray dimanfaatkan pada aplikasi listrik atau telekomunikasi yang menghasilkan panas.

1.  Cable Tray Ladder

Cable Tray Ladder

Cable tray ladder memiliki dua rel samping yang dihubungkan oleh anak tangga. Kabel tray jenis ini efektif karena anak tangga memberi Anda akses mudah ke kabel, dari atas atau bawah. Anak tangga dari kabel tray ladder menyediakan jangkar yang nyaman untuk mengikat kabel di sepanjang jalur kabel baik posisi horizontal maupun non horizontal.

Disebut juga cable ladder, biasanya digunakan dalam aplikasi dengan rentang dukungan menengah hingga panjang 12 hingga 30 kaki. Cable ladder digunakan pada sekitar 75 % instalasi sistem kabel tray, karena jenis kabel tray memiliki banyak fitur yang diinginkan. Kelembaban tidak dapat menumpuk di cable ladder.

Sebuah cable ladder tanpa penutup memungkinkan aliran udara bebas maksimum melintasi kabel. Hal ini memungkinkan panas yang dihasilkan pada konduktor kabel menghilang secara efektif. Dalam kondisi seperti itu, insulasi konduktor pada kabel dari cable tray wiring system yang dirancang dengan benar tidak akan melebihi suhu operasi maksimumnya. Kabel tray ini tidak akan menua sebelum waktunya karena suhu pengoperasian yang berlebihan.

Jika cable ladder dipasang di tempat yang bermasalah dengan ruang kerja, akses tangan melalui dasar cable ladder dapat membantu memfasilitasi pemasangan kabel berdiameter kecil: instrumentasi kontrol, sinyal, dll.

Jarak anak tangga yang paling umum untuk cable ladder adalah 9 inci. Jarak ini dapat digunakan untuk mendukung semua ukuran kabel. Jarak ini bisa digunakan untuk jenis kabel PLTC dan TC yang merupakan kabel berdiameter kecil karena jarak penyangga sedemikian rupa sehingga tidak terlihat kabel kecil yang terkulai di antara anak tangga. Jarak anak tangga 12 atau 18 inci memberikan dukungan kabel yang memadai tetapi sedikit kabel berdiameter kecil yang terkulai di antara anak tangga mungkin secara estetika tidak menyenangkan untuk beberapa instalasi.

2. Ventilated Trough Cable Tray

Ventilated Trough Cable Tray

Satu-satunya alasan untuk memilih ventilated trough cable tray dibandingkan cable ladder adalah estetika. Tidak terlihat kabel kecil yang terkulai. Ventilated trough cable tray memang memberikan lebih banyak dukungan ke kabel daripada cable ladder tetapi dukungan tambahan ini tidak signifikan. namun kabel tray ini dapat menghilangkan panas dan memungkinkan udara mengalir dengan bebas

Karakteristik:

  • Perlindungan rel samping yang kokoh dan kekuatan sistem dengan fitting radius yang halus.
  • Kekuatan maksimum untuk aplikasi bentang panjang
  • Lebar standar 6, 12, 18, 24, 30 & 36 inci
  • Kedalaman standar 3, 4, 5 & 6 inci
  • Panjang standar 10, 12, 20 & 24 kaki
  • Jarak anak tangga 6, 9, 12 & 18 inci

3. Solid Bottom Cable Tray

Solid Bottom Cable Tray

Solid bottom bable tray biasanya digunakan untuk aplikasi listrik atau telekomunikasi yang menghasilkan panas minimal dengan rentang dukungan pendek hingga menengah 5 hingga 12 kaki. Seperti untuk untuk pemasangan kabel serat optik di mana kabel yang terkulai dapat mempengaruhi kinerja sistem, di mana kondisi tanpa ventilasi membuat solid bottom bable tray lebih disukai.

Alasan utama untuk memilih solid bottom cable tray adalah perhatian pada perlindungan pelindung EMI/RFI untuk sirkuit yang sangat sensitif. Cable tray biasanya mempunyai penutup baja yang berfungsi memberikan tingkat perlindungan yang baik jika tidak ada kerusakan atau lubang pada pemasangan yang telah selesai.

Sistem solid bottom cable tray memiliki kelemahan karena kelembaban dapat menumpuk di cable tray ini. Hal ini dapat dikontrol dengan mengebor lubang pembuangan 1/4 inci di bagian bawah baki kabel dengan interval tiga kaki (di tengah dan sangat dekat dengan sisi) jika cable tray  tidak digunakan untuk pelindung EMI/RFI.

Beberapa insinyur dan desainer menentukan  solid bottom cable tray (seringkali dengan penutup) dengan keyakinan bahwa semua sirkuit listrik harus benar-benar tertutup oleh logam. Kabel tray hanyalah kabel pendukung yang dirancang untuk instalasi semacam itu. Kegagalan kabel pada kabel tray jarang terjadi. Kegagalan kabel karena masalah dukungan kabel di kabel tray  tidak ada.

Raja Pipa Indonesia jual kabel tray yang berkualitas dengan banyak pilihan jenisnya untuk segala kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk memilih dan membeli kabel tray secara online dengan mengunjungi www.rajanyapipa.com.

Baca juga: