7 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur yang Perlu Diketahui

Cara Merawat Rambut Keriting Mudah Diatur yang Perlu Diketahui

Tantangan utama memiliki rambut keriting adalah membuatnya rapih dan mudah diatur. Rambut keriting sedikit berbeda dengan jenis rambut lain, karena rambut keriting cenderung lebih mudah kehilangan kelembaban alami. Hal inilah yang membuat rambut keriting menjadi mudah mengembang, kering, kusut dan suli diatur

Untuk mendapatkan rambut keriting yang sehat dan mudah diatur, Anda harus mengetahui cara perawatan yang paling tepat. Perawatan ini juga harus sesuai dengan jenis rambut keriting yang Anda miliki. Maka berikut adalah ulasan mengenai jenis rambut keriting dan juga bagaimana cara merawat rambut keriting.

Mengenal Jenis-jenis Rambut Keriting

Dalam dunia kecantikan rambut keriting dikelompokkan menjadi 3 jenis. Pengelompokan ini dilakukan berdasarkan kepadatan lengkungannya. Yaitu:

  1. Keriting tipe A yaitu tipe keriting palinf longgar, lengkungan rambut pada keriting tipe A menyerupai huruf S.
  2. Keriting tipe B merupakan jenis keriting yang terlihat dari akar rambut. Keriting tipe ini memiliki volume yang cukup besar. Lengkungannya membentuk spiral.
  3. Keriting tipe C merupakan jenis keriting yang paling padat., rambut ketiting tipe C dapat dimainkan seperti pegas.

Cara Merawat Rambut Keriting

Masing-masing tipe rambut keriting memiliki jenis perawatan yang berbeda, namun secara umum jenis perawatan yang dilakukan sala. Yaitu menjaga akar rambut mudah diatur dan tidak terlalu mengembang.

Berikut adalah beberapa cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang dan mudah diatur:

1. Tidak Sering Keramas

Kunci agar rambut keriting tidak mudak kering adalah dengan tidak terlalu sering keramas. Sebaiknya Anda keramas ketika rambut Anda benar-benar kotor atau tidak lebih dari 2 kali seminggu. Bungkus rambut dengan shower cap saat mandi agar tidak kusut, dan gunakan dry shampoo untuk menjaga kesegarannya setiap hari.

2. Menggunakan Sampo Dan Kondisioner Khusus

Gunakan shampoo dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut keriting. Untuk shampoo pilihlah yang tidak mengandung sulfat dan mengandung ekstra pelembab.

Bagi pemilik rambut keriting juga wajib menggunakan kondisioner agar rambut enjadi lebih lembut dan mudah diatur. Gunakan juga kondisioner yang mengandung ekstra pelembab. Atau Anda bisa memilih kondisioner tanpa bilas.

3. Oleskan pelembap rambut

Karena memang ada dasarnya, rambut keriting sangat mudah kering. Sebaiknya Anda selalu mengoleskan pelembab rambut. Pelembab rambut ini ada yang berupa spray ataupun krim. Dapat dengan mudah Anda peroleh di marketplace, salon ataupun toko kecantikan.

4. Rutin Melakukan Deep Conditioning

Gunakan deep conditioner khusus untuk rambut keriting. Setelah diaplikasikan diamkan selama 10 – 15 menit sebelum dibilas. Tidak perlu terlalu sering, Anda bisa melakukan deep conditioning ini sebanyak 2 bulan sekali.

5. Selalu Menggunakan Sisir Bergigi Lebar

Pemilihan sisir yang tepat juga penting bagi pemilik rambut keriting. Gunakan selalu sisir bergigi lebar agar rambut Anda tidak kusut. Jika rambut terlanjut kusut pastikan Anda hanya menyisir rambut saat sedang keramas, dalam kondisi basah. Agar rambut tidak menyangkut disisir dan menyebabkan rontok.

6. Jangan Mengeringkan Rambut Dengan Hair Dryer

Bagi pemilik rambut keriting sebaiknya Anda tidak menggunakan hair dryer. Hair dryer akan membuat rambut Anda kering dan mengembang. Biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya, atau gunakanlah kipas angin. Jika Anda terburu-buru sebaiknya gunakan pengering rambut yang memiliki diffuser dengan mode pengaturan rendah.

7. Rutin Melakukan Masker Perawatan Rambut

Perawatan yang dimaksud adalah perawatan yang dapat menutrisi rambut seperti menggunakan masker dan juga serum rambut. Serum rambut akan melapisi rambut, memberi kilau, melindungi rambut, dan mempertahankan kelembapan.

Sedangkan masker rambut adalah menutrisi rambut, melembapkan rambut, dan mencegah rambut kusut. Anda dapat menggunakan masker buatan pabrk atau menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa, alpukat dan lidah buaya.

8. Hindarilah Penggunaan Catokan

Sebaiknya Anda tidak pernah menggunakan catok pada rambut keriting Anda, selain hasilnya kurang bagus, penggunaan catok juga dapat merusak lapisan lur rambut, membuat rambut kering dan mudah patah. Sehingga rambut akan mudah kusut dan sulit diatur karena kering.

Baca juga: