Beberapa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

Beberapa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

Sakit perut merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat umum dialami oleh semua orang. Kebanyakan sakit perut terjadi karena kesalahan dalam mengonsumsi makanan. Namun terkadang ada pula sakit perut yang intens pada bagian tertentu, dan tidak merupakan pengaruh oleh makanan.

Terdapat jenis sakit perut yang perlu Anda waspadai. Yaitu sakit yang intens, berulang ditempat yang sama. Pada beberapa kasus, sakit semacam ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika sakit tidak tertahankan, berulang dan terjadi pada bagian sama tentu saja Anda harus waspada.

Sakit Perut Bagian Kiri

Salah satu sakit perut yang lebih sering menyerang adalah sakit perut sebelah kiri. Hal ini disebabkan karena pada bagian kiri terdapat lebih banyak organ penting. Hal ini juga menyebabkan lebih banyak kemungkinan yang terjadi.

Selain durasi dan pengulangan rasa sakit, Anda juga perlu memperhatikan gejala yang menyertai. Hal ini akan lebih mudah untuk melakukan diagnosa. Walaupun kebanyakan sakit perut bagian kiri disebabkan oleh gangguan pencernaan, namun tidak jarang juga terdapat penyebab lainnya.

Beberapa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Selain gangguan pencernaan, inilah beberapa penyebab sakit perut pada bagian kiri beserta dengan gejala yang biasa mengikutinya:

1. Ovulasi

Pada wanita, ovulasi atau masa subur juga mengakibatkan terjadinya sakit perut pada bagian kiri. Ketika masa subur, ovarium akan melepaskan sel telur menuju rahim. Proses pelepasan ini seringkali menyebabkan munculnya rasa nyeri atau kram pada bagian perut sebelah kiri.

Gejala lain yang mengikuti terjadinya proses ini adalah keputihan. Bahkan adapula beberapa wanita yang mengalami mual selama terjadinya masa subur atau proses ovulasi ini.

2. Adanya Gas yang Terjebak dalam Usus

Gas merupakan salah satu produk sampingan dari proses pencernaan. Adakalanya gas dala usus ini bergerak sangat lambat, atau bahkan tidak bergerak sama sekali. Hal ini tentunya akan menyebabkan terjadinya nyeri pada perut bagian kiri. Adanya gas yang terjebak ini akan menyebabkan perut terasa melilit, begah dan buang angin secara berlebihan. Pada beberapa kasus juga diikuti dengan gejala berupa diare atau sembelit.

3. Gastritis

Jika Anda mengalami sakit perut bagian kiri atas, kemungkinan besar penyebabnya adalah Gastritis. Gastritis adalah terjadinya iritasi atau peradangan pada bagian lapisan lambung gastritis akut bahkan bisa menyebabkan pengikisan lapisan lambung. Gejala lain yang megikuti diagnosa ini adalah perut begah, mual dan juga muntah.

4. Penyakit Ginjal

Ginjal terdapat pada bagian kanan dan juga kiri tubuh. Jika yang terganggu adalah ginjal sebelah kiri maka Anda akan cenderung merasakan sakit pada perut bagian kiri. Gangguan ginjal yang umum terjadi adalah infeksi ginjal dan juga batu ginjal.

Gejala yang mengikuti tentu saja sedikit berbeda, memiliki ciri  berupa sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual dan muntah, serta nyeri di pangkal paha. Sedangkan nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal, memiliki penyerta seperti sakit perut kiri bagian bawah, keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan urine yang berdarah.

5. Radang Usus Besar

Penyebab sakit perut bagian kiri yang selanjutnya adalah radang usus besar. Hal ini bisa jadi merupakan efek dari peradangan saluran pencernaan. Gejala lain yang mengikuti penyakit ini biasanya adalah diare, mudah lelah, berat badan yang menurun, hingga feses yang keluar berdarah atau berlendir.

Rasa nyeri pada perut biasanya akan hilang setelah buang air besar dan kembali menyerang beberapa saat kemudian.

Baca juga: