Perbedaan Oven Listrik dan Gas, Lalu Mana yang Terbaik untuk Anda?

Perbedaan Oven Listrik dan Gas, Lalu Mana yang Terbaik untuk Anda

Oven adalah peralatan yang mampu menghasilkan panas untuk memasak makanan. Secara teknis, oven adalah mesin dalam bentuk ruang termal yang terisolasi yang digunakan untuk memasak atau mengeringkan bahan. Oven harus menjadi alat dapur yang akrab bagi Anda yang suka memasak daging atau kue. Perkembangan teknologi juga telah membantu sejumlah produsen untuk mengembangkan tipe oven yang mereka pasarkan. Saat ini ada oven gas dan oven listrik. Perbedaannya adalah daya yang digunakan. Oven gas memanfaatkan gas alam yang sudah diolah untuk digunakan rumahan sedangkan oven listrik membutuhkan listrik untuk menghasilkan panas.

Meski keduanya mempunyai fungsi dasar sama, oven listrik dan oven gas mempunyai perbedaan yang perlu Anda perhatikan. Selain itu, ada kelebihan dan kekurangan masing-masing yang membantu Anda menentukan tipe oven berdasarkan kebutuhan.

Oven Listrik

Oven listrik berbentuk ramping, banyak digunakan untuk keperluan memasak rumahan dan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan. Oven listrik dilengkapi dengan standar prosedur memanggang yang mempermudah pengoperasiannya. Jenis oven ini juga mampu mengatur panas secara otomatis. Ada pula fitur pengatur waktu yang akan mematikan daya sesuai dengan pengaturan pengguna. Kapasitas luas ruang pada oven diukur dengan satuan liter. Umumnya, kapasitas liter sebuah oven listrik untuk kebutuhan rumahan sekitar 27 hingga 30 liter. Ukuran ini tergolong kecil untuk industri kue, namun cukup untuk kebutuhan memasak sehari-hari. Konsumsi listrik yang dibutuhkan oleh oven listrik sekitar 1400 watt. Ada pula jenis oven hemat energi yang konsumsi listriknya lebih rendah. Akan tetapi, oven hemat energi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai panas dan panas yang dihasilkan tidak terlalu tinggi. Lalu, apa saja nilai plus dan minus dari oven listrik?

Kelebihan oven listrik

Sebagian besar oven listrik didesain dengan konsep ergonomis yang cocok untuk dapur sempit. Hal ini disebabkan alat dapur ini mengandalkan listrik yang bisa dihubungkan dari stop kontak alih-alih gas. Jadi Anda hanya perlu menempatkannya di sekitar sumber listrik. Kemudian, fitur-fitur pada oven listrik memudahkan Anda mengatur suhu sesuai kebutuhan.

Kekurangan oven listrik

Daya listrik yang dibutuhkan jenis oven ini beragam, tetapi bakal merepotkan kalau terjadi pemadaman listrik. Akibatnya, adonan makanan atau kue yang sedang dipanggang tak akan matang tepat waktu. Komponen-komponen dalam oven listrik juga cenderung mudah rusak, terutama saat Anda pakai untuk produksi massal. Dengan kata lain, oven listrik lebih cocok untuk keperluan individual.

Oven Gas

Berbeda dengan oven listrik, oven gas membutuhkan ruang yang lebih luas karena ukurannya yang besar. Juga perlu disiapkan ruang untuk tabung gas yang menjadi daya guna memanaskan oven. Pada oven gas, tidak ada pengaturan temperatur otomatis. Semua dikerjakan secara manual. Meskipun lebih merepotkan, oven gas digunakan oleh para profesional karena temperatur yang lebih presisi guna mendapatkan kematangan yang sempurna terutama untuk memasak kue dan roti.

Kelebihan oven gas

Fitur valve pada kebanyakan oven gas bakal membantu pemakaian gas supaya tidak boros. Jadi, Anda tidak perlu mencemaskan konsumsi gas selama mengolah hidangan. Lalu, seperti yang disinggung sebelumnya, oven gas menjadi opsi prioritas pembeli yang berencana memproduksi makanan maupun kue dalam jumlah banyak untuk acara dan bisnis.

Kekurangan oven gas

Ukuran oven gas yang rata-rata besar membuat dapur tampak sesak, apalagi Anda harus menyimpan tabung gas. Harganya yang relatif mahal menjadi bahan pertimbangan lain yang membuat orang-orang bimbang saat hendak membelinya. Terakhir, pemasangan tabung gas yang tak mengikuti prosedur jelas akan mengundang kecelakaan di dapur.

Oven Gas atau Listrik, Mana yang Lebih Baik?

Membandingkan oven gas atau listrik kembali lagi pada kebutuhan. Jika kebutuhan rumahan, oven listrik merupakan pilihan yang tepat karena ukuran yang lebih kecil sehingga tidak memakan banyak ruang. Oven gas dibutuhkan oleh industri kue dan roti serta para profesional yang menekuni bidang masak memasak.

Bagaimana, Anda sudah menemukan jenis oven yang sesuai? Sebagai rekomendasi, Hans Mesin Jual Oven Gas yang telah dibekali berbagai teknologi terkini. Jika Anda juga ingin membandingkan Harga Oven Gas terbaru? bisa juga kunjungi websitenya di tokousahakuliner.com

Baca juga: