Catat! Inilah 7 Tips untuk Memilih Kursi Terbaik di Pesawat!

Inilah Tips untuk Memilih Kursi Terbaik di Pesawat

Banyak orang yang mulai kembali menggunakan pesawat terbang sebagai moda transportasi pilihan dalam bepergian. Apalagi, syarat naik pesawat sekarang ini menjadi semakin dipermudah pasca pandemi.

Jika sudah mendapatkan vaksin ketiga, kamu tidak perlu lagi melakukan tes screening Covid-19 (Antigen atau RT-PCR) untuk naik pesawat. Karena itu, industri penerbangan mulai kembali ramai dengan para penumpang.

Saat terbang,  posisi tempat duduk biasanya akan sangat berpengaruh pada kenyamananmu selama perjalanan.  Salah pilih tempat duduk akan membuat mood kamu berantakan sepanjang perjalanan. Kamu pun tidak bisa sembarangan pindah-pindah tempat duduk ketika berada di dalam pesawat.

Karena itu, ada baiknya kamu memesan tiket pesawat di Traveloka. Sebab, Traveloka memiliki fitur seat selection sehingga kamu bisa memilih kursi sesuai keinginan. Fitur ini merupakan tambahan servis yang bisa kamu pilih setelah memesan jadwal penerbangan.

Meski begitu, kamu sebaiknya tetap memahami tiap letak kursi di pesawat dan fungsinya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih kursi terbaik di pesawat!

1. Kursi Dekat Dengan Lorong Untuk Penumpang Bertubuh Besar

Ini merupakan letak kursi yang paling tepat bagi penumpang dengan postur besar. Bagi penumpang bertubuh besar, kursi yang berada di dekat lorong akan lebih nyaman.

Pasalnya, sandaran tangan di kursi ini punya posisi yang dapat diangkat secara optimal. Selain nyaman untuk dirinya sendiri, letak kursi di dekat lorong juga akan meminimalisir kondisi penumpang bertubuh besar tersebut dalam menindih penumpang lain.

2. Kursi Di Tengah Pesawat Agar Minim Mengalami Turbulensi

Turbulensi adalah hal yang lumrah dialami ketika bepergian dengan pesawat terbang. Meski begitu, beberapa orang tidak cukup kuat ketika mengalaminya sehingga guncangan semacam ini akan membuat perutnya mual sampai muntah-muntah.

Karena itu, bagi kamu yang mudah mabuk udara karena faktor turbulensi, kursi di bagian tengah pesawat adalah yang paling ideal. Bagian tengah ini biasanya ditandai dengan sayap pesawat. Bagian tengah pesawat ini umumnya yang dicari banyak penumpang saat terbang.

3. Kursi Di Bagian Belakang Pesawat Jika Ingin Lebih Aman

Ada sebuah fakta unik yang didapatkan dari penelitian Popular Mechanics di Amerika Serikat. Menurut penelitian ini, penumpang yang duduk di bagian belakang pesawat punya peluang bertahan hidup hingga 69 persen berdasarkan beberapa kecelakaan maskapai Amerika Serikat yang terjadi.

Persentase ini menjadi yang paling besar jika dibandingkan kursi yang berada di atas sayap sebesar 56 persen. Sedangkan letak kursi yang di bagian depan 1/4 pesawat hanya punya 49 persen kemungkinan bertahan hidup. Karena itu, kursi di bagian belakang pesawat menjadi yang paling aman.

4. Kursi Dekat Pintu Darurat Bagi Yang Berkaki Panjang

Buat kamu yang berkaki panjang, kursi dekat pintu darurat adalah yang paling cocok buatmu, terutama ketika terbang dengan kelas ekonomi. Namun, mesti diingat, duduk di kursi ini berarti kamu juga akan bertanggung jawab sebagai orang yang pertama kali harus membuka pintu darurat.

5. Kursi Pada Barisan Bersekat Saat Bepergian Dengan Si Kecil

Usahakan mendapatkan kursi pada barisan yang bersekat ketika terbang dengan pesawat bersama buah hatimu. Pasalnya, barisan bersekat ini umumnya punya ruang ekstra di bagian depan.

Dengan begitu, anak-anak bisa berdiri untuk bergoyang sesekali agar ia tidak risih. Tentu hal ini hanya dapat dilakukan ketika tanda lampu pada sabuk pengaman telah mati.

Kursi dengan sekat juga akan meminimalisir anakmu dari kondisi yang akan mengganggu penumpang lain. Selain itu, kursi bersekat akan mempermudah kamu dan si kecil ketika ingin pergi ke kamar mandi. Sebab, posisi kursi ini biasanya ada jauh di belakang pesawat.

Oh ya, sebaiknya letakkan si kecil pada pada kursi tengah atau di dekat jendela. Pasalnya, berada di dekat jendela pesawat akan mengalihkan fokus si kecil dan membuatnya lebih tenang saat terbang.

Selain itu, hal ini bisa menghindarkan si kecil tertabrak penumpang yang ingin bergegas ke kamar mandi ataupun membawa makanan.

6. Kursi Dekat Jendela Bagian Depan Sisi Kiri Untuk Tidur Sepanjang Perjalanan

Apabila kamu merupakan penumpang yang lebih suka tidur sepanjang penerbangan, ada baiknya memilih tempat duduk di bagian depan pesawat di dekat jendela. Selain itu, usahakan agar dapat letak yang berada di sisi kiri pesawat.

Pasalnya, bagian depan pesawat biasanya tidak terlalu berisik. Dengan begitu kamu bisa beristirahat lebih optimal dan bisa menyandarkan kepala pada tiang di dekat jendela pesawat.

7. Kursi Bagian Depan Pesawat Dengan Akses Lorong Kiri Supaya Bisa Keluar Lebih Cepat

Pada umumnya, terdapat dua lorong yang bisa digunakan saat berada di pesawat terbang. Letaknya sendiri biasanya berada di bagian depan pesawat. Karena itu, kamu bisa memilih kursi bagian depan supaya dapat turun lebih cepat dari pesawat saat tiba.

Sebaiknya kamu juga memilih kursi dengan akses lorong kiri. Pasalnya, pintu boarding pesawat akan selalu terletak di bagian kiri. Dengan begitu, lorong kiri pesawat biasanya bisa turun lebih cepat dibanding lorong kanan ketika tiba di tujuan.

Nah, itulah 7 tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih kursi terbaik di pesawat. Selamat mencoba ya!

Baca juga: